Mengapa Malaysia pakai Ejaan Betawi yaitu E

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 2
Next Last
Bang pitung

United States

#1 Jun 23, 2012
Saye liat klo malon pake ejaan betawi yaitu e yang suka di pakai orang betawi kenape malon suka curi bahasa orang betawi itu ejaan e di akhir ejaan malonsial
Bang pitung

United States

#2 Jun 23, 2012
Gua seorang betawi sangat marah karna bahasa orang betawi yaitu akhiran ejaan e di klaim malonisial karna itu adalah bahasa asli betawi punye kite
Bang pitung

United States

#3 Jun 23, 2012
Yang paling gwa muak adalah cara malon mengunakan logak betawi yang e di dayu dayuin kaya bencong punye gwa gak sudi malon pke bsa betawi asli
iNDoN iDioCY

Kajang, Malaysia

#4 Jun 23, 2012
akhiran e di johor-kepri @ malaysia bunyinya seperti e pada emak. akhiran e di betawi sama seperti loghat perak iaitu e seperti ekor

sok tau. bikin malu negara kita aja

=B
Copy Cat

United States

#5 Jun 23, 2012
iNDoN iDioCY wrote:
akhiran e di johor-kepri @ malaysia bunyinya seperti e pada emak. akhiran e di betawi sama seperti loghat perak iaitu e seperti ekor
sok tau. bikin malu negara kita aja
=B
kalo gitu mirip ama sunda , hayo !!!!
iNDoN iDioCY

Kajang, Malaysia

#6 Jun 23, 2012
Copy Cat wrote:
<quoted text>
kalo gitu mirip ama sunda , hayo !!!!
sunda gimana loghatnya gan? koq sama kaya perak & betawi?

=B
Bang pitung

United States

#7 Jun 23, 2012
Malon curi bahasa betawi akhiran e
iNDoN iDioCY

Kajang, Malaysia

#8 Jun 23, 2012
Bang pitung wrote:
Malon curi bahasa betawi akhiran e
benar2 goblox akut. lu sekolah kaga sih? orang betawi aja tahanan dari melaka yang dibawa belanda. yang kau tau cuma satu jenis loghat melayu langsung ribut2

=B
namja

United States

#9 Oct 2, 2012
susah ngomong sm bangPitubg bloon..gue jg orang betawi..tp ga bloon sejarah..klo orang medan deli sm batam juga pke akhiran e..trus lo marah sambil koprol sambil bilang wow gitu? orang betawi jg ada yg pk akhiran a'..lo tau ga sih orang betawi aslinya drmana? campur aduk.. ada sunda,jawa,arab,belanda,cina,i ndia,makassar,sumatra..
ngemeng aje ente #noyor#
WNI 22

Jakarta, Indonesia

#10 Oct 2, 2012
Melayu asal dari BETAWI.. :D
RAJA SIAK

Pekanbaru, Indonesia

#11 Oct 2, 2012
orang melayu siak becakap memakai akhiran "O"

tidak ada akhiran "e"....ngko pegilah merato-rato seluruh riau, semuo pakai akhiran "O"..

orang melayu yang memakai akhiran "E" adalah melayu BRITISH, melayu yang dicucuk hidungnya oleh inggris, mereka adalah penduduk malaysia, mereka adalah pendatang di riau ini..

melayu yang memakai akhiran "E" seperti ismail kadir adalah pengkhianat...

raja kecik daulat tuanku kami adalah orang minangkabau pendiri kerajaan siak...jika engkau tak mengakui mungkin engko adalah pendatang di riau ini...

raja mahmud adalah orang minangkabau, yang membunuh nya juga adalah minangkabau, bernama MEGAT SRI RAMA

megat adalah julukan asli SIAK, tak ado orang melayu lain bergelar megat..keturunan megat bermigrasi dari siak pergi ke kepulauan dan semenanjung..

ngko bacalah sejarah...jangan mengaku melayu jika tak tahu sejarah...orang melayu siak becakap memakai akhiran "O"

tidak ada akhiran "e"....ngko pegilah merato-rato seluruh riau, semuo pakai akhiran "O"..

orang melayu yang memakai akhiran "E" adalah melayu BRITISH, melayu yang dicucuk hidungnya oleh inggris, mereka adalah penduduk malaysia, mereka adalah pendatang di riau ini..

melayu yang memakai akhiran "E" seperti ismail kadir adalah pengkhianat...

raja kecik daulat tuanku kami adalah orang minangkabau pendiri kerajaan siak...jika engkau tak mengakui mungkin engko adalah pendatang di riau ini...

raja mahmud adalah orang minangkabau, yang membunuh nya juga adalah minangkabau, bernama MEGAT SRI RAMA

megat adalah julukan asli SIAK, tak ado orang melayu lain bergelar megat..keturunan megat bermigrasi dari siak pergi ke kepulauan dan semenanjung..

ngko bacalah sejarah...jangan mengaku melayu jika tak tahu sejarah...
Malon goblok

United States

#12 Oct 2, 2012
Setakat aku tau orang malasye tu kacukan babi dan anjing pasal tu bahasa mekorang macam bunyi hewan hahaha
RAJA SIAK

Pekanbaru, Indonesia

#13 Oct 2, 2012
bahasa melayu "E" adalah bahasa melayu british; penjilat penjajah; bahasa melayu dahulu tak ado berakhiran "E"...dapat kita lihat dari filem P RAMLEE....filem tersebut tidak ada bahasa memakai akhiran "E"...semua memakai akhiran "a" yang merupakan bahasa melayu asli...

akhiran "a" adalah bahasa melayu siak yang disebut "bahasa melayu tinggi"
RAJA SIAK

Pekanbaru, Indonesia

#14 Oct 2, 2012
tahi palat, lidah british engko tu cumo dari johor anak kemenakan bendhara abdul jalil....bendahara abdul jalil inilah yang berkomplot dengan british dan bugis untuk mengusir keturunan orang laut (raja kecik) sampai ke natuna dan balik ke siak..

orang laut berasal dari minangkabau dan berbudaya siak, mereka berbahasa minangkabau dan bahasa melayu tinggi (siak) mereka memakai akhiran "a".....termasuk di singapura..

engaku lihat jaman dahulu p.ramlee pakai bahasa melayu tinggi (dipakai di siak) berakhiran "a".....cuma karena lidah engko mengikut british engko ubah semuo akhiran jadi "e"...orang britishlah yang mengajari ngko berbahasa melayu..
Indon

Kuala Lumpur, Malaysia

#15 Oct 2, 2012
Sebutan 'e' pr perkataan2 yg berakhir dgn huruf 'a' dlm bahasa Betawi itu sama mcm bahasa Melayu loghat Perak di daerah Perak Tengah, iaitu di Parit dan Bota.

Bio pape ase bergaye
(Biar papa asal bergaya)
Palabut

Petaling Jaya, Malaysia

#16 Oct 2, 2012
Bang pitung wrote:
Saye liat klo malon pake ejaan betawi yaitu e yang suka di pakai orang betawi kenape malon suka curi bahasa orang betawi itu ejaan e di akhir ejaan malonsial
Demo yup.....guling2.
Palabut

Petaling Jaya, Malaysia

#17 Oct 2, 2012
Malon goblok wrote:
Setakat aku tau orang malasye tu kacukan babi dan anjing pasal tu bahasa mekorang macam bunyi hewan hahaha
Parah.Datang dari daerah mana nih..........
Om Bahasa

Kuala Lumpur, Malaysia

#18 Oct 2, 2012
Ejaannya serupa, tetapi vokalisasinya berbeda, "e" di ujung kata ditutur sebagai e taling dalam loghat Melayu-Riau manakala di Betawi pengungkapan e tersebut adalah e pepet.
malon goblok

Jakarta, Indonesia

#20 Oct 3, 2012
Palabut wrote:
<quoted text>
Parah.Datang dari daerah mana nih..........
pakcik tengok kecek yang aku guna ni mesti la tau hahahaha
Eric Dwi Prasastya

United States

#21 Oct 24, 2012
kalau bahasa melayu malaysia berakhiran "e" maling bahasa betawi bererti melayu kepulauan riau, bangka belitung, dan pontianak juga berakhiran "e" maling dari betawi juga dong.

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 2
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
No telefon gay 0175322044 (Nov '10) 3 min Arm 4,453
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 5 min pejuang tangguh 97,597
Diajak Ngomong English, HANZIP_RONDA (malon nya... (May '14) 12 min engaging 42
(undang undang) PRC harus disebut sebagai TIONGKOK 13 min HANZIP_RONDA 69
ALLAHUAKBAR, GUBERNUR JAKARTA Yg BARU SANGAT IS... 17 min Mat Malaysia 103
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 29 min RizQi 27,957
yang mau ngomongin tai masuk sini (Nov '11) 30 min kontoculai 67
KESIAN, INDONESIA DIPIMPIN Oleh DEWA BADUT JOKOWI 31 min Mat Malaysia 4,040
Sriwijaya sudah terbukti berpusat dan bermula d... 3 hr Huwahahaha 990
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 12 hr Mat Malaysia 62,904
More from around the web