Comments
1 - 20 of 51 Comments Last updated Jul 1, 2012
First Prev
of 3
Next Last
Bomber

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#1
Jan 5, 2011
 
LAPAN akan Uji Statik Roket RX-550

Roket pengorbit satelit berdiameter 550 mm atau 0,55 meter telah berhasil dirancang bangun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Uji Statik roket RX-550 ini akan dilaksanakan akhir Januari setelah menjalani uji struktur.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Adi Sadewo Salatun di Jakarta, Senin (3/1), menjelaskan, pembuatan RX-550 ini melibatkan PT Krakatau Steel dalam tahap rekayasa. Keterlibatan industri strategis ini dalam pencetakan moncong roket atau nozzle.

Sementara itu, fabrikasi propelan dari material padat ini dilakukan bertahap, yaitu dengan mempertimbangkan ukurannya yang relatif besar, keterbatasan fasilitas yang dimiliki Lapan, dan keamanan proses.

Sutrisno, Kepala Bidang Propelan Lapan, mengatakan, pembuatan propelan yang terdiri dari delapan bagian ini dimulai September 2010. Setiap bagian atau segmen itu kemudian disatukan menjadi bentuk yang utuh.

Pemeriksaan struktur roket RX-550 yang dipamerkan dalam Indo Defence di Jakarta, November lalu, menurut Adi, dilakukan di Badan Tenaga Nuklir Nasional yang memiliki fasilitas non destructive test (NDT). Pengetesan ini untuk memeriksa hasil pengelasan pada sambungan setiap segmen dan kemungkinan adanya keretakan pada struktur.

Rencana uji statik RX-550 pada akhir Januari 2011 ini, menurut Deputi Teknologi Dirgantara Lapan Soewarto Hardhienata, mundur dari jadwal semula, pertengahan Desember lalu.”Pengunduran ini menyesuaikan pergeseran pelaksanaan NDT menggunakan sinar X. Kalau uji sinar X hasilnya baik, baru dilakukan uji statik,” ujar Soewarto.

Di Kabupaten Garut

Uji statik akan dilaksanakan di Instalasi Uji Terbang Roket di pantai selatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jika uji statik ini berhasil, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan RX-550 untuk uji terbang. Sebelum itu, data uji statik akan dimasukkan dalam simulasi komputer untuk melihat sistem aerodinamika roket.”Dalam simulasi, roket harus mampu masuk ke orbit pada ketinggian 200 kilometer,” ungkap Adi.

Sistem simulasi komputer ini akan dilaksanakan bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia yang memiliki fasilitas tersebut.

Apabila pengujian ini tidak menunjukkan hasil yang memadai, diameter roket harus ditingkatkan.

Selain itu juga perlu dilakukan peremajaan sistem pencampur propelan atau mixer untuk dapat membuat bahan bakar roket yang dapat meluncur hingga ketinggian di atas 230 kilometer. Dalam mempersiapkan peluncuran roket ini, Lapan juga akan bekerja sama dengan PT Pindad.
Anonymous

Bekasi, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#2
Jan 5, 2011
 
hahaha emang mantep dah!gua juga udah pernah baca kalo katanya roket Lapan pernah membuat Australia ketakutan haha,lagipula INDONESIA satu - satunya NEGARA YANG DAPAT MEMBUAT RADAR di Asean :)
Mal

Mount Morris, MI

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#3
Jan 5, 2011
 
Kami iri don.
Malon Malu

Surakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#4
Jan 5, 2011
 
Malu awak, ngaku pinter ternyata ...Zerooooooooo
lon butuh panser lagi ?, siapin Wang yang Buayak, baik-baik sama orang Indonesia ya...,
senopati garuda

Kuala Lumpur, Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#6
Jan 5, 2011
 
perjalanan harus diteruskan...MAJU INDONESIAKU..
indon goblok

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#7
Jan 5, 2011
 
haha...kalau d Malaysia roket ini sudah mampu dibuat oleh pelajar2 Universiti Teknologi Malaysia tetapi kami tidak mahu war2kan kerana prinsip kami jika sudah terbukti,baru diwar2kan...tp kami faham.indon tetap indon.bodoh sombong sudah sebati dlm dirinya..tetap anggap mereka lebih baik walhal mereka tetap dipandang hina dimata dunia..roket kamu itu hanya seperti mercun roket buatan china..haha
ketp

Surabaya, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#8
Jan 5, 2011
 
indon goblok wrote:
haha...kalau d Malaysia roket ini sudah mampu dibuat oleh pelajar2 Universiti Teknologi Malaysia tetapi kami tidak mahu war2kan kerana prinsip kami jika sudah terbukti,baru diwar2kan...tp kami faham.indon tetap indon.bodoh sombong sudah sebati dlm dirinya..tetap anggap mereka lebih baik walhal mereka tetap dipandang hina dimata dunia..roket kamu itu hanya seperti mercun roket buatan china..haha
he pak roket adalah suatu teknologi yang dapat menghantarkan benda atau orang ke luar angkasa, apabila sutau negara dapat menguasai teknologi tersebut maka dapat dikatakan negara tersebut memiliki kemajuan teknologi yang luarbiasa. jika malaysia memiliki teknologi teersebut pasti pernah diadakan tes peluncuran dan itu pastinya akan mengundang media masa dan sampai saat ini kita belum pernah mendengar, di asi klo gak salah hanya china rusia dan india yang memiliki teknologi roket pengorbit satelit, dan karena indonesia telah berhasil menciptakan roket dan rencana tahun 2014 akan meluncurkan satelit sendiri dengan roket sendiri maka indonesia akan menjadi salah satu negara yang memiliki teknologi roket. dan jangan pernah meremehkan produk china. produk china memang kualitasnya jelek karena sebanding dengan harganya tapi jangan pernah merendahkan ilmuanya, negaramu masih kalah 1000 langkah dari china
jakc

Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#9
Jan 5, 2011
 
indon goblok wrote:
haha...kalau d Malaysia roket ini sudah mampu dibuat oleh pelajar2 Universiti Teknologi Malaysia tetapi kami tidak mahu war2kan kerana prinsip kami jika sudah terbukti,baru diwar2kan...tp kami faham.indon tetap indon.bodoh sombong sudah sebati dlm dirinya..tetap anggap mereka lebih baik walhal mereka tetap dipandang hina dimata dunia..roket kamu itu hanya seperti mercun roket buatan china..haha
ha..ha.. kelihatan sangat iri sampe ngarang2 cerita palsu.
apa boleh buat otak tak mampu,bunuhdiri aja lonnn.....

Since: Aug 10

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#10
Jan 5, 2011
 
Hehehe, malon iri yah ?? Ampe buat2 cerita dongeng segala ^^

“Semper Fidelis”

Since: Nov 10

Camp Pendleton,California

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#11
Jan 5, 2011
 
indon goblok wrote:
haha
...kalau d Malaysia roket ini sudah mampu dib
uat oleh pelajar2 Universiti Teknologi Malaysia
tetapi kami tidak mahu war2kan kerana prinsip
kami jika sudah terbukti,baru diwar2kan...tp kam
i faham.indon tetap indon.bodoh sombong sudah
sebati dlm dirinya..tetap anggap mereka lebih
baik walhal mereka tetap dipandang hina
dimata dunia..roket kamu itu hanya seperti me
rcun roket buatan china..haha
Hihihi , no roket buat ke luar angkasa pakcik , kalo yg di universiti2 itu cuma buat uji terbang sahaja , kalo gitu UGM juga bisa , hihihi...
China ya pak , bagaimana dengan c-802 ??? Hehehe..
candradimuka

Depok, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#12
Aug 8, 2011
 
kapan ya malon berulah lebih gila lagi dari cuma sekedar klaim Ambalat, misal ingin menguasai kalimantan barat dan natuna, saya jadi tidak sabar untuk melihat rudal RX 550 dan RX 850 dicoba untuk menghantam kubangan lumpur di semenanjung malingsial, target MENARA DILDO ( kontol plastik )PETRONAS, yang merupakan simbol KEMAMPUAN MALON ( yang tidak lebih dari urusan isi perut dan perut kebawah ).......bakalan seru nih,..he..he..he
tionghoa

Asia/Pacific Region

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#13
Aug 8, 2011
 
Buktinya roket tersebut sampe skrg gak pernah diekspor dan gak pernah terbang...jawa boong,cuman roket prototype mainan gk laku aja bangga...mana buktinya klo indo jual roket ke negara lain ?
Kirk Hammet

Neubiberg, Germany

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#14
Aug 8, 2011
 
tionghoa wrote:
Buktinya roket tersebut sampe skrg gak pernah diekspor dan gak pernah terbang...jawa boong,cuman roket prototype mainan gk laku aja bangga...mana buktinya klo indo jual roket ke negara lain ?
tidak apa-apa... kan budak kecik suka berangan... biarkanlah...
DATUK MALON

Mount Morris, MI

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#15
Aug 8, 2011
 
China dah pesen roket lapan lho..
KERE

Vancouver, Canada

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#16
Aug 8, 2011
 
tionghoa wrote:
Buktinya roket tersebut sampe skrg gak pernah diekspor dan gak pernah terbang...jawa boong,cuman roket prototype mainan gk laku aja bangga...mana buktinya klo indo jual roket ke negara lain ?
walah....kita kan memang ga menjualnya bebas....
A jink maloner

Shah Alam, Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#17
Aug 8, 2011
 
DATUK MALON wrote:
China dah pesen roket lapan lho..
Pesen tuk di pelajari hehehe...
Denjaka

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#18
Aug 9, 2011
 
tionghoa wrote:
Buktinya roket tersebut sampe skrg gak pernah diekspor dan gak pernah terbang...jawa boong,cuman roket prototype mainan gk laku aja bangga...mana buktinya klo indo jual roket ke negara lain ?
Hihihi, benar-benar bodoh kau ini. Kau baca tidak nama roket ini hah ? Roket ini namanya RX-550, RX = Roket eXperimental.

Mana ada barang experimental yg dijual, bloon amat sih ?
Dan lagi, ngapain nyebut2 org Jawa disini ? Disini gak ada orang Jawa ! Yg ada tuh ORANG INDONESIA !

Anda mau memecah persatuan NKRI ya ?
tionghoa

Bandung, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#19
Aug 9, 2011
 
Denjaka wrote:
<quoted text>
Hihihi, benar-benar bodoh kau ini. Kau baca tidak nama roket ini hah ? Roket ini namanya RX-550, RX = Roket eXperimental.
Mana ada barang experimental yg dijual, bloon amat sih ?
Dan lagi, ngapain nyebut2 org Jawa disini ? Disini gak ada orang Jawa ! Yg ada tuh ORANG INDONESIA !
Anda mau memecah persatuan NKRI ya ?
kasihan deeh roket masih minta sama china dan rusia wakakaka jawa tukang boong katanya ada roket canggih taunya cuman mainan doang yg gak laku dijual dan gak layak terbang wakakak
sopotman

Mount Morris, MI

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#20
Aug 9, 2011
 
dasar goblok,, gak nyambung malon ni
DATUK MALON

Santa Clara, CA

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#22
Aug 9, 2011
 
Keliatanya barter ma guide technology bro..

Tell me when this thread is updated: (Registration is not required)

Add to my Tracker Send me an email

First Prev
of 3
Next Last
Type in your comments below
Name
(appears on your post)
Comments
Characters left: 4000

Please note by clicking on "Post Comment" you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

•••
•••