MasyaAllah! JAWA JOKOWI MENGHINA MUSLIM BETAWI

Posted in the Malaysia Forum

Comments
1 - 20 of 73 Comments Last updated Jan 7, 2014
First Prev
of 4
Next Last
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#1
Apr 19, 2012
 

Judged:

1

1

1

http://metropolitan.inilah.com/read/detail/18...

INILAH.COM , Jakarta - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengecam pernyataan bakal Cagub yang diusung partai PDIP, Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan baju koko plus kopiah yang digunakan kandidat lain untuk mencari simpati publik, agar terkesan taat beragama.

"Pernyataan Jokowi ini sangat menciderai budaya Indonesia dan tidak patut diucapkan oleh seorang bakal calon gubernur," kata Ketua Umum LKB, Tatang Hidayat, saat ditemui di kantor LKB, Kamis (19/4/2012).

Menurut Tatang, pernyataan Jokowi, seolah-olah tidak tahu bahwa baju koko sudah menjadi kearifan lokal budaya betawi, dan sudah sejak lama menjadi sebuah identitas nasional seperti halnya baju adat pada daerah lain. "Jadi sangat disayangkan, bakal calon gubernur DKI Jakarta, tidak memahami kebudayaan masyarakat betawi," ucapnya.

Dijelaskan Tatang, baju koko, bagi masyarakat betawi merupakan baju sadaria, yang menjadi kearifan lokal masyarakat betawi. Dilihat dari kontennya, baju koko atau sadaria digunakan untuk shalat dan identik sebagai pakaian muslim yang digunakan sehari-hari. "Nggak mungkin orang muslim bosan menggunakan baju koko," tegasnya.

Seperti diketahui dalam kunjungannya ke salah satu media, Jokowi menyebutkan penggunaan baju koko dan peci merupakan pencitraan gaya lama, basi dan membesankan. "Ya bosenlah, semua yang maju ke Pilkada selalu pakai baju koko dan kopiah biar keliatan religius," kata Jokowi saat itu.[bay]
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#2
Apr 19, 2012
 

Judged:

1

1

1

Soal Baju Koko

Jokowi Melukai Perasaan Orang Betawi

http://www.beritajakarta.com/beta/home/read/4...

Jokowi Didesak Minta Maaf ke Warga Betawi

19/4/2012 20:27 WIB

Pernyataan Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan penggunaan baju koko dengan kopiah hanya untuk mencari simpati publik agar terksesan religius mengundang reaksi keras dari sejumlah elemen masyarakat Betawi yang selama ini sangat identik dengan baju tersebut. Karena itu, Jokowi didesak segera meminta maaf dan mengklarifikasi pernyataannya yang dinilai melukai suku asli Jakarta tersebut.

Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Tatang Hidayat mengatakan, sudah menjadi tradisi warga Betawi dalam kesehariannya menggunakan baju koko atau baju sadariah. Selain menjadi identitas warga Betawi, baju tersebut juga santun saat digunakan untuk beribadah. "Pernyataan Jokowi sangat mencederai budaya Indonesia dan tidak patut diucapkan oleh seorang bakal calon gubernur," kata Tatang di kantor LKB Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4).

Ia meminta agar Jokowi mengklarifikasi pernyatannya tersebut. Terlebih dengan menggunakan baju koko justru akan mempengaruhi moral seseorang. "Jika menggunakan baju koko ketika mau korupsi dia tidak jadi. Kami minta Jokowi meminta maaf secara jantan serta mengklarifikasinya," tegasnya.

Ia menegaskan, LKB sangat menyayangkan penyataan calon gubernur yang tidak memahami arti budaya atau kearifan lokal Betawi. Penyataan yang menyangkut baju koko untuk mengambil simpati, bukan pada tempatnya. "Aneh rasanya seorang calon gubernur, merasa bosan mengenakan baju koko. Seolah-olah dia tidak tahu bahwa baju koko itu sudah menjadi kearifan lokal budaya Betawi," ujarnya.

Tatang berharap siapa pun kandidat yang akan mencalonkan sebagai DKI 1 bisa berperilaku santun, elegan, dan tidak saling melukai. Bahkan ia mempersilakan jika pasangan lainnya menggunakan baju kotak-kotak seperti yang digunakan oleh Jokowi. "Tapi jangan melakukan statemen kebencian," ujarnya.

Dikatakan Tatang, seharusnya Jokowi paham bahwa Jakarta memiliki penduduk inti masyarakat Betawi, yang kesehariannya menggunakan baju sadariah.

Ketua Umum Forum Pemuda Betawi (FPB) Rachmat HS, menyarankan agar Jokowi mempelajari budaya lokal. Jika Jokowi tidak secara jantan meminta maaf di media massa secara terbuka, ia akan mendapatkan sanksi sosial di masyarakat. "Kalau itu (meminta maf) tidak dilakukan akan mendapat sanksi moral tersendiri dari masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta," tegasnya.

Namun demikian, masyarakat Jakarta diminta untuk menyikapinya secara dewasa. Sebab ini menjadi strategi kampanye untuk menarik simpati dari masyarakat. "Pernyataan ini dimohon disikapi secara dewasa. Yang mempunyai pernyataan pun secara dewasa harus mengklarifikasi. Ini sangat mengganggu," katanya.

Sebagai warga Betawi, dirinya menganggap Jokowi belum memahami karakteristik Jakarta. "Kami anggap Mas Jokowi belum paham dengan karakter Jakarta. Dia akan merasakan hasilnya pada 11 Juli mendatang," tandasnya.
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#3
Apr 19, 2012
 
http://megapolitan.kompas.com/read/2012/04/20...

Komunitas Betawi Ingin Jokowi Minta Maaf

Riana Afifah | Hertanto Soebijoto | Jumat, 20 April 2012 | 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ungkapan Joko Widodo terkait penggunaan baju koko dengan kopiah oleh calon lain hanya untuk mencari simpati publik dan terkesan religius, menuai protes dari komunitas Betawi. Bahkan, komunitas Betawi ini ingin agar bakal calon Gubernur tersebut meminta maaf.

Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Rachmat HS, mengatakan agar Jokowi mau meminta maaf di media massa secara terbuka. Karena jika hal ini tidak dilakukan maka akan ada sanksi sosial dari masyarakat.

"Kalau tidak minta maaf, akan ada sanksi moral tersendiri dari masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta," kata Rahmat, saat jumpa pers di Kantor Lembaga Kebudayaan Betawi, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Rahmat meminta pada Jokowi untuk mau mempelajari budaya dan kearifan lokal Jakarta sehingga tidak ada ungkapan yang mencederai warga Betawi. Bahkan dengan terang-terangan, ia menuding Joko Widodo belum paham dengan karakteristik Jakarta.

"Kami anggap Mas Jokowi belum paham dengan karakter Jakarta. Dia akan merasakan hasilnya pada 11 Juli mendatang," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi, Tatang Hidayat, menjelaskan bahwa penggunaan baju koko atau baju sadariah merupakan tradisi warga Betawi dalam kesehariannya. Tidak hanya sekadar menjadi identitas Betawi, tapi juga dapat digunakan untuk beribadah.

Senada dengan Rahmat, dia ingin Jokowi mengklarifikasi pernyatannya tersebut dan meminta maaf. Menurutnya, penggunaan baju koko ini dapat memengaruhi moral dan tingkah laku seseroang.

"Jika menggunakan baju koko, ketika mau korupsi dia tidak jadi. Kami minta Jokowi meminta maaf secara jantan serta mengklarifikasinya. Aneh rasanya seorang calon gubernur, merasa bosan mengenakan baju koko. Seperti dia tidak tahu bahwa baju koko itu sudah menjadi kearifan lokal budaya Betawi," kata Tatang Hidayat.
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#4
Apr 19, 2012
 
Duet SYAITON: JOKOWI KEJAWEN & AHOK COKIN KRISTEN

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TFR...
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#5
Apr 19, 2012
 
Demi Allah! JIKA AHOK WAGUB, JAKARTA LAUTAN DARAH!!!

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TPK...
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#6
Apr 19, 2012
 
http://www.kaskus.us/showthread.php...

menghina baju muslim dan peci betawi, rakyat betawi tuntut permintaan maaf jokowi!
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#8
Apr 19, 2012
 
http://jakarta.tribunnews.com/2012/04/19/pern...

Pernyataan Jokowi Dinilai Melukai Masyarakat Betawi
Tribunnews.com - Kamis, 19 April 2012 19:54 WIB

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA -- Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Tatang Hidayat, menilai pernyataan bakal calon Gubernur DKI Jokowi yang mengatakan baju koko membosankan telah melukai masyarakat Betawi.

Tatang mengatakan orang Betawi sehari-harinya menggunakan baju koko. Baju koko itu pun juga sekaligus dipakai untuk beribadah. "Dengan memakai baju koko itu, kami juga harap yang mempengaruhi moralitasnya. Kostum yang sudah sedemikian bagusnya, dibilang Jokowi membosankan. Mungkin ini karena terkait pencitraan menjelang Pilkada namun tidak pada tempatnya," ujar Tatang, Kamis (19/4/2012).

Tatang berharap Jokowi mau meminta maaf secara jantan dan melakukan klarifikasi di media massa secara terbuka. Menurutnya jika itu tidak dilakukan, maka Jokowi akan mendapatkan sendiri sanksi moralnya.

"Dia mengatakan bosan itu melukai orang Betawi yang sehari-harinyanya menggunakan baju koko. Juga bisa ditebak, siapa yang sehari-harinya pakai baju koko. Jangan sampai hal-hal seperti ini melebar. Bicara baju koko itu identitas," tegasnya.
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#9
Apr 19, 2012
 
http://www.berita8.com/read/2012/04/19/26/547... -

Jokowi-Ahok Dinilai Hina Budaya Betawi

Kamis, 19/04/2012, 19:55 WIB

Pernyataan pasangan calon Gubernur DKI Jokowi - Ahok yang menyebut, pemakaian baju koko dan peci oleh pasangan calon gubernur lainnya adalah cara lama yang sudah basi, dinilai telah menghina budaya Betawi.

Penilaian itu dikemukakann Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Tatang Hidayat, Kamis (19/4/2012), dalam rilisnya.

Tatang meminta, pasangan cagub dan cawagub itu untuk mengkalrifikasi dan meminta maaf kepada masyarakat Betawi.

”Seolah-olah dia tidak tahu baju koko itu sudah menjadi kearifan lokal budaya Betawi, dan sudah sejak lama menjadi sebuah identitas nasional seperti halnya baju adat istiadat daerah lain," kata Tatang.

Ditambahkan Tatang, Jokowi adalah pejabat di daerah yang sedang mencalonkan diri dalam pilgub DKI, seharusnya menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika, yang tercermin dengan cara saling menghormati perbedaan keragaman budaya di Indonesia.

"Jakarta ini miniatur segala suku di Indonesia jadi mereka (Jokowi-Ahok) tidak bisa seenaknya tidak menghargai budaya yang ada terutama budaya lokal," jelas Tatang.

Lebih lanjut Tatang mengatakan pemimpin yang baik seharusnya tidak sembarangan dalam mengucapkan sesuatu apalagi hal itu bisa menciderai budaya kelompok atau etnis tertentu.

"Mereka harusnya banyak instropeksi diri sebelum mengucapkan sesuatu. Kan ada istilah mulutmu harimaumu dan apalagi diagama manapun juga diajarkan sebagai pemimpin yang baik tidak asal bicara yang bisa menimbulkan keresahan warganya,"lanjut tatang.

Dalam kunjungannya ke salah satu kantor media di Jakarta, pasangan Jokowi-Ahok menyebutkan penggunaan baju koko dan peci itu merupakan pencitraan gaya lama, basi dan membosankan.

Menurut mereka, baju koko plus kopiah yang digunakan kandidat lainnya adalah dalam rangka kandidat tersebut mencari simpati publik, agar terkesan religius dan taat beragama.

“Ya bosanlah. Semua yang maju ke pilkada selalu pakai baju koko dan kopiah, biar kelihatan religius ” kata Jokowi.(ans/aef)
CiKGu BiJaK

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#10
Apr 19, 2012
 
Hmm.. politik kotor pembunuhan karakter
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#11
Apr 19, 2012
 
Jihad melawan duet syaiton kejawen jokowi & cokin kristen kafir laknatullah ahok
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#12
Apr 19, 2012
 
http://itoday.co.id/politik/6999-lecehkan-bud... -

Lecehkan Budaya Betawi, Jokowi-Ahok Harus Minta Maaf

Bakal calon gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama (Ahok) harus minta maaf atas pernyataannya yang mengatakan baju koko dan kopiah agar terlihat taat beragama.

"Pernyataan itu telah menciderai budaya Indonesia, hal itu juga tidak patut diucapkan seorang calon gubernur," kata Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) H Tatang Hidayat dalam rilis kepada wartawan, Kamis (19/4).

Menurut Tatang, mereka seolah-olah tidak tahu baju koko itu sudah menjadi kearifan lokal budaya Betawi, dan sudah sejak lama menjadi sebuah identitas nasional seperti halnya baju adat istiadat daerah lain.

Kata Tatang, Jakarta ini miniatur segala suku di Indonesia jadi mereka tidak bisa seenaknya tidak menghargai budaya yang ada terutama budaya lokal.

Tatang meminta mereka banyak instropeksi diri sebelum mengucapkan sesuatu. "Kan ada istilah mulutmu harimaumu dan apalagi diagama manapun juga diajarkan sebagai pemimpin yang baik tidak asal bicara yang bisa menimbulkan keresahan warganya," paparnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pasangan Jokowi-Ahok menyebutkan penggunaan baju koko dan peci itu merupakan pencitraan gaya lama, basi dan membosankan.
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#13
Apr 19, 2012
 
http://www.kabartop.com/news-9251/gawat-jokow...

Gawat! Jokowi Melukai Perasaan Orang Betawi
Friday, 20 April 2012 00:28

Kabartop.com - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengecam pernyataan bakal Cagub yang diusung partai PDIP, Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan baju koko plus kopiah yang digunakan kandidat lain untuk mencari simpati publik, agar terkesan taat beragama.

"Pernyataan Jokowi ini sangat menciderai budaya Indonesia dan tidak patut diucapkan oleh seorang bakal calon gubernur," kata Ketua Umum LKB, Tatang Hidayat, Seperti diberitakan Kompas.com , Jum’at (20/04/2012).

Menurut Tatang, pernyataan Jokowi, seolah-olah tidak tahu bahwa baju koko sudah menjadi kearifan lokal budaya betawi, dan sudah sejak lama menjadi sebuah identitas nasional seperti halnya baju adat pada daerah lain. "Jadi sangat disayangkan, bakal calon gubernur DKI Jakarta, tidak memahami kebudayaan masyarakat betawi," ucapnya.

Dijelaskan Tatang, baju koko, bagi masyarakat betawi merupakan baju sadaria, yang menjadi kearifan lokal masyarakat betawi. Dilihat dari kontennya, baju koko atau sadaria digunakan untuk shalat dan identik sebagai pakaian muslim yang digunakan sehari-hari. "Nggak mungkin orang muslim bosan menggunakan baju koko," tegasnya.

Seperti diketahui dalam kunjungannya ke salah satu media, Jokowi menyebutkan penggunaan baju koko dan peci merupakan pencitraan gaya lama, basi dan membosankan. "Ya bosenlah, semua yang maju ke Pilkada selalu pakai baju koko dan kopiah biar keliatan religius," kata Jokowi saat itu.
Pitung

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#14
Apr 19, 2012
 
Nah, rasain loe jokowi.
Anak kemayoran

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#15
Apr 19, 2012
 
Fauzi Bowo=selalu pakai baju koko acungkan jari tengah bikin geger.
Pilih Hidayat Nur Wahid atau Jokowi.....keduanya pancen oye.
stupid malaysial

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#16
Apr 19, 2012
 
WKAKAKAKAKAKAKAKAK.........

CHARACTER ASSASIN........!

TS NYA CLONINGAN DARI CIMED !

PROVOCATOR !

DAMN YOU !

HOPING GOD TO SEND YOU TO THE LOWEST LEVEL OF THE HELL !
Pitung

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#17
Apr 19, 2012
 

Judged:

1

Muslimah wrote:
Jihad melawan duet syaiton kejawen jokowi & cokin kristen kafir laknatullah ahok
Gw dukung gerakan usir mengusir duet jokowi - ahok dari Jakarta!
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#18
Apr 19, 2012
 

Judged:

1

Duet syaiton jokowi-ahok OUT!!!
Muslimah

Anonymous Proxy

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#19
Apr 19, 2012
 

Judged:

1

JAKARTA Milik BETAWI BUKAN JAWA ATAU TIONGHOA!

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TLI...
Anak kemayoran

United States

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#20
Apr 19, 2012
 
Hidup Jokowi.
Fauzi bowo ke laut aja.
nyosor dulu ahhh

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#21
Apr 20, 2012
 
hidup Jokowi, bang Kumis minggat aja elo !

5 tahun dibawah ente, Jakarta tak berubah sama sekali

! malah makin macet ! mana slogan "ahlinya" ?

Tell me when this thread is updated: (Registration is not required)

Add to my Tracker Send me an email

First Prev
of 4
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Other Recent Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
CARA NGENTOT CEWEK ISLAM SECARA GRATIS """""""... (Apr '13) 2 min Usah Nak diLaden 2,129
Ayo DUKUNG ISIS . 4 min MAMAD 507
No Tepon bOhsiA Kelate.. (Jun '10) 4 min ain sofia 27
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 5 min MAMAD 71,074
JOKOWI ITU KETURUNAN PKI ...!i!!!!! 13 min MAMAD 136
Kandangan cing ae ! (Mar '10) 16 min T-REX 345
Allahuakbar! JIHAD & SYAHID PRESIDEN PRABOWO 18 min KOUMIENAN 499
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 42 min Pengamat Militer 62,764
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 3 hr Andri bogor 12,962
Bagaimana Cara Ngocok Kontol Yg Nikmat ? (Dec '11) 8 hr akbar innocent 3,500

Search the Malaysia Forum:
•••