Anak Malaysia Bikin Robot Perang

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 2
Next Last

Since: Sep 09

Kuala Lumpur, Malaysia

#1 Oct 29, 2009
TEKNOLOGI robotik sudah lama berkembang di seluruh dunia, terutama di Jepun yang dianggap antara peneraju hingga pelbagai jenis robot dicipta,keupayaan sekumpulan anak muda dari Fakulti Kejuruteraan, Universiti Malaya (UM) menghasilkan ciptaan robot, One Warrior, membolehkan mereka dinobat sebagai juara pada Robogamez 2009 di Universiti Tenaga Nasional (Uniten), Bangi, baru-baru ini.
Kumpulan anak muda berkenaan menjadi generasi kreatif untuk menyambung keupayaan fakulti itu yang sentiasa melahirkan kelompok penuntut berinovatif serta bercita-cita tinggi dalam menghasilkan robot di peringkat kebangsaan.
Untuk tahun ini kemampuan penuntut itu terbukti apabila menewaskan pasukan Inology Squad dari Universiti Teknologi Malaysia (Kampus Antarabangsa), JMTi B dari Institut Teknikal Jepun-Malaysia (JMTi) dan UPM A dari Universiti Putra Malaysia (UPM).
Dengan kemenangan itu pasukan berkenaan meraih wang tunai AS$2,000 (RM6,700), piala dan sijil penyertaan, selain bakal mewakili negara ke pertandingan UK Featherweight Championship di United Kingdom, tahun depan.
Pada pertandingan Robogamez yang diadakan untuk mewujudkan minat dan kesedaran dalam dunia robotik, selain menjadi pentas bagi pelajar mempertandingkan ciptaan mereka, pasukan dari UM itu berjaya menghasilkan One Warrior mengikut kreativiti, inovatif serta mempunyai perancangan atau strategi untuk bertempur mengikut konsep 'zon perang' sebagai perlawanannya seperti ditetapkan pihak penganjur.
Ahli kumpulan pasukan UM, Mohd Tibroni, 21, berkata pasukannya dianggotai 10 orang dan mengambil masa hampir sebulan untuk membina robot berkenaan mengikut tema pertandingan iaitu 'Rising of The Silent Tower: Resist or Surrender' dengan peruntukan hampir RM1,000.
Menurutnya, reka bentuk robot dihasilkan dengan kemampuannya berfungsi dalam keadaan terbalik menyumbang kepada kemenangan kerana keupayaannya menumpaskan robot pihak lawan.
"Pemerhatian kami pada pertandingan yang lepas mendapati senjata bukan elemen terpenting. Yang penting ialah elemen pertahanan dan itu strategi utama kami.
"Robot kami tiada senjata berbanding robot lain, sebaliknya lebih bersifat 'mempertahankan diri' daripada serangan dan terbukti ia berjaya," katanya sambil menambah, pasukan mereka hanya dianggotai pelajar tahun dua Fakulti Kejuruteraan UM.
Rakannya, Zaki Yahya, 21, pula berkata walaupun pembinaannya hanya mengambil masa sebulan, perancangan dan perbincangan dengan cetusan idea sebenarnya mengambil masa dua bulan sebelum itu bagi mendapatkan keputusan untuk membinanya.
Menurutnya, setiap idea ahli kumpulan dengan bantuan Pengarah Pusat Penyelidikan Berasaskan Elektronik, Prof Mahmoud Moghavvemi, digabungkan sebelum terhasilnya One Worrior.
Seorang lagi ahli kumpulan UM, Tio Chin Kock, 21, berkata robot itu menggunakan sistem kawalan jauh dengan frekuensi tertentu mengikut spesifikasi ditetapkan penganjur.
Menurutnya, robot berkenaan juga menggunakan sistem kawalan yang mudah dikendalikan supaya setiap pergerakannya lancar mengikut arahan disalur berdasarkan penggunaan alat kawalan jauh.
"Menghasilkan robot ini perlu dibuat secara teliti kerana ia banyak membabitkan alat elektronik dan sangat sensitif, oleh itu setiap komponennya perlu disusun atur mengikut peranannya," katanya.
Sementara itu, Prof Mahmoud berkata, beliau berbangga dengan pembabitan dan kesungguhan ditunjukkan kumpulan berkenaan dan kejayaan diraih mereka pada Robogamez 2009 adalah pengiktirafan terhadap komitmen ditunjukkan.
Menurutnya, segala penat lelah hingga ada yang bersengkang mata bagi mendapatkan hasil terbaik berbaloi selepas hampir tiga bulan bekerja keras untuk mencipta robot itu.
"Pada peringkat membina robot itu, saya bersama kumpulan berkenaan menagihkan tugasan supaya semua dapat bekerjasama dan memberi fokus lebih terhadap ciptaan.
"Dengan pengkhususan diberi, hasil diperoleh lebih baik. Walaupun semuanya bersusah payah, mereka puas dengan apa dihasilkan dan kejayaan yang diraih," katanya.

Since: Sep 09

Kuala Lumpur, Malaysia

#2 Oct 29, 2009
bangga aku jadi bangsa malaysia
indon babi

Kuala Lumpur, Malaysia

#3 Oct 29, 2009
wow....indon mesti jeles ni
MaL4yan BuLLshit

Korea

#4 Oct 29, 2009
ABGCOP wrote:
bangga aku jadi bangsa malaysia
Thread buat kalangan sendiri ya ..... kah kah kah ....
Bukti " 0 " Besar kah kah kah ......
ganyang malaysia

Jakarta, Indonesia

#5 Oct 29, 2009
malaysia:anjing
maqlaysia penjilat kontol
malaysia;negara teroris
negara anda memeng negara yang hina,tak bermoral,
9BaLL

Jakarta Pusat, Indonesia

#6 Oct 29, 2009
wew ktglan Zaman lu lon! org Indonesia dah bikin Robot anti sodomi ma robot anti perang ( cinta damai ga kek macam lu lon ska ajakin perang). malon IDIOT....wuhahahahahahaha...
anjing pelacur

Balikpapan, Indonesia

#7 Oct 29, 2009
namanya jer bagos bagos rupanye amatlah buruk
ditendang langsung hancur
robot, One Warrior, membolehkan mereka dinobat sebagai juara pada Robogamez 2009 di Universiti Tenaga Nasional (Uniten), Bangi, baru-baru ini.

CUMA JAGUH KANDANG
yoi

Depok, Indonesia

#8 Oct 29, 2009
ckckck, robot macam apa?wah...kasian, mereka kira inonesia gak bisa bikin robot. haduh-haduh...

peace!
lea

Deventer, Netherlands

#9 Oct 29, 2009
LO LIHAT TV2 SELURUH DUNIA APA GAK????
NEGARA MANA YG MENANG AHLI FISIKA,KIMIA DAN MATEMATIKA?????
ANAK2 INDOENSIA SEMUA COYY??? AKU SAJA SAMPAI KAGET MASA LAWAN JERMAN DAN AMERIKA INDONESIA TERUS YG MENANG?? AKU HERAN ANAK2 MANA? KEMAJUAN INDONESIA BENAR2 HAMPIR TERLIHAT JELAS. KALAU SOAL BUAT ROBOT TIDAK USAH ANAK2 YG IKUT LOMBA SCIENTIST2 ITU, ANAK2 SMA JURUSAN ELEKTRO SUDAH PADA BIKIN. YG BUAT INCAR2 TERORIS, ROBOT SINAR LESSER ITU BUATAN ANAK INDOENSIA JUGA. MAKANYA JANGAN KELEWAT BANGGA DAN SOMBONG DENGAN OTAK MALON YG CIUT ITU DULU DEH!!!

“Kembang bungur...”

Since: Aug 09

Indonesia

#10 Oct 29, 2009
indon babi wrote:
wow....indon mesti jeles ni
ngapain jeles ada juga malahsial yang jeles, indonesia kan dah menjadi juara kontes robot di amerika beberapa waktu lalu... beritanya ga bakal nyampe ke keraJAAN elo, dah keburu di censored sama yang di pertuan bagong...hahahaha... di indonesia anak bayi aja dah bisa bikin helikopter....

“british sayang malon”

Since: Oct 09

padang, west sumatra

#11 Oct 29, 2009
gw udah liat desain robot bikinan malon! ternyata robot itu memiliki yg persis seperti babi,,,! mungkin robot itu akan dijadikan raja baru d malingsia!
malingsia goblok

Banjarmasin, Indonesia

#12 Oct 29, 2009
Pesawat Pengintai Non Awak Made In Indonesia Dioperasikan

BPPT Operasikan Pesawat Pengintai Teroris

TANGERANG, kompas..com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada tahun 2010 segera mengoperasikan pesawat terbang mini nir awak atau "Puna" sebagai pendukung pertahanan keamanan nasional dan pengintai teroris.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman mengatakan, BPPT sudah melakukan penelitian dan berhasil mengembangkan Puna sebagai pesawat pengintai dari udara terhadap apa yang sedang terjadi di darat dan laut.

Ia mengatakan, Puna nantinya akan digunakan oleh militer dan aparat kepolisian Indonesia dalam melakukan penyusupan terhadap aktivitas di daerah rawan konflik.

"Puna juga melakukan pengintaian terhadap teroris yang sedang bersembunyi di lokasi yang sulit dijangkau," kata Menristek di Tangerang, Sabtu (17/10).

Pesawat Puna juga dilengkapi kamera mini untuk memotret kejadian di lapangan dan melaporkan kepada pihak terkait sebagai barang bukti.

Menristek mengatakan, pesawat Puna saat ini sedang dalam tahap proses pembuatan akhir dan akan dioperasikan pada tahun 2010.

"Kita ingin menunjukan pesawat Puna buatan peneliti Indonesia bisa digunakan sebagai pendukung keamanan nasional, jadi tidak harus dibeli dari luar negeri," ujar Menristek.

Sementara itu, Direktur Pusat Teknologi Industri Pertahanan Keamanan BPPT, Joko Purwono menyatakan, Puna dapat mencapai ketinggian di udara hingga 120 kilometer (km).

Puna merupakan pesawat otonomos dilengkapi kamera pengintai dan tidak dikontrol melalui remote. Joko menambahkan, Puna memiliki panjang badan empat meter dan panjang sayap tujuh meter dengan jangkau ketinggian yang cukup di atas udara.

"Pesawat Puna akan diproduksi tahun depan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI), untuk saat ini pesawat tersebut sedang dalam proses penyempurnaan," ujar Joko.

Selain itu, kata Joko BPPT juga mengembangkan dua pesawat pengintai mini tipe lain yakni pesawat Sriti seberat 10 kilogram (kg) dan pesawat pengintai yang dinamai Alap-Alap dengan berat 25 kg, untuk memantau perairan laut Indonesia.

dasar malon katak dalam tempurung ...
malingsia goblok

Banjarmasin, Indonesia

#13 Oct 29, 2009
Profil Morolipi, Robot Militer Buatan Indonesia Yang Membantu Densus 88 Tangkap teroris
Posted on August 17, 2009. Filed under: Informasi |

Penggerebekan yang sukses sejak, Jumat (07/8) sore kemarin di sebuah rumah yang diduga sebagai markas teroris di dusun Beji, Kecamatan Kedu, Temanggung, kinerja Densus 88 AntiTeror, dan Mabes Polri juga didukung oleh sebuah robot pengintai.

Robot pengintai tersebut diberi nama Morolipi v1.0, sebuah mobil robot penjinak bom yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di tahun 2004, kemudian dilanjutkan hingga tahun 2008.

Robot Morolipi v1.0 tersebut dirancang dengan spesifikasi :

Panjang 1 meter dan lebar 1 meter, tinggi 90 cm
Bobot 80-100 kg.
Mampu berjalan di permukaan yang datar ataupun menaiki tangga dengan kecepatan 3 meter per detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.
Memiliki dua ruas lengan dengan panjang 70cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar 360 derajat, juga menekuk,
Terdapat gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel di bagian ujung lengannya,
Didukung dengan camera, sensor inframerah, pengontrol artikulator dan artikulator yang dapat mengirimkan detail gambar ke komputer,
Dikendalikan dengan jarak maksimal 6km dengan menggunakan tongkat pengendali atau joystick.
Memiliki rangkaian elektronik penggerak mulai kontak dengan roda penggerak, lengan, kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian,
Dapat memotong kabel berukuran 2 mm yang mengalirkan arus listrik itu sebelum sampai ke bahan peledak.
Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan robot berupa aki listrik,
Memiliki 4 roda vespa delapan inci, plus sabuk roda untuk membantu menaiki tangga tanpa terpeleset,
Harga lebih murah 50 persen dibanding robot penjinak bom import yang mencapai harga Rp1 miliar per unitnya.
Setelah Morolipi v1.0, kini LIPI juga sedang mengembangkan versi kedua dari Morolipi, yang akan dimunculkan pada acara HUT LIPI 23 Agustus mendatang. Untuk versi kedua, menurut LIPI akan ditingkatkan kemampuannya untuk membawa senjata api untuk menembak sasaran, sistem pendeteksi bahan peledak, membantu pasukan anti huru-hara untuk mengatasi kerusuhan, dan bahkan melengkapi robot dengan kemampuan membersihkan tangki bahan bakar minyak di pelabuhan.

pustaka : LIPI

dasar malon katak dalam tempurung...
asiatic fools

Kerteh, Malaysia

#14 Oct 29, 2009
Robot armies set to 'explore alien worlds'
29 October 2009,

|
WASHNGTON: Scientists are on track to create robots that command other robots, a development that will make it possible to explore the alien
worlds by armies of flying, driving and sailing humanoids.

Lead researcher Wolfgang Fink, of the California Institute of Technology (Caltech), has been developing software that would let a robotic explorer act independently and as part of a team. He said we are on the brink of a great paradigm shift in planetary exploration, and the next round of robotic explorers will be nothing like what we see today.

"The way we explore tomorrow will be unlike any cup of tea we've ever tasted," underlined Fink, whose work is published in the journal Computer Methods and Programs in Biomedicine and in the Proceedings of the SPIE.

Fink envisages the cybernetic adventurers mapping the land and seascapes of Saturn's moon, Titan. Robotic airships and satellites will fly above the surface of the distant world, commanding squadrons of wheeled rovers and floating robot boats, a development that will transform planetary exploration.

The robot would select priorities for exploration and anticipate and handle problems on their own, according to a report in the Science Daily.

"We are departing from traditional approaches of a single robotic spacecraft with no redundancy that is Earth-commanded to one that allows for having multiple, expendable low-cost robots that can command themselves or other robots at various locations at the same time," said Fink, director of Caltech's Visual and Autonomous Exploration Systems Research Laboratory.

Presently, robotic exploration relies on single robots controlled from Earth. "In the future, multiple robots will be in the driver's seat," with an orbiter and a robotic dirigible balloon giving bird's-eye views of the planetary surface and sending the information down to teams of rovers, as well as lake landers on partly liquid-covered planets like Titan.

"We are basically heading toward making robots that command other robots," he was quoted as saying by the Science website.

According to the researcher, it will be possible that an entire fleet of robots will be autonomously commanded at once. "This armada of robots will be our eyes, ears, arms and legs in space, in the air, and on the ground, capable of responding to their environment without us, to explore and embrace the unknown," the scientist said.

"It's sort of like commanding a small army of robots operating in space, in the air and on the ground simultaneously," underlined Fink.
Topics:

||||||||||
asiatic fools

Kerteh, Malaysia

#15 Oct 29, 2009
apa indons & malays mampu buat robot?

tak mungkin. kalau pun ia tiru tiru aja.

ahh....baik serah diri lah. bosan dengan orang orang

yang mengamuk, tiada seimbang.

mungkin kurangkan gula & masin & junk food baru lah

boleh fikir perkara was was.
nordin m top

Jakarta, Indonesia

#17 Oct 29, 2009
tetep aj indonrsia unggul coy lo ketingalan berita yah bru bikin robot cetex aj belagu indonesia dah lama bikin robot coy tahun 70an lo malayan idiot bru bsa bikin oh my god makanya belajar sm indonesia biar maju jangan sma ISA lo didustai terus
malingsia goblok

Banjarmasin, Indonesia

#18 Oct 29, 2009
Lemjitek TNI AD Ciptakan Robot Tempur
23 Oktober 2009

Salah satu robot ciptaan TNI-AD (photo : Melani101006)

MALANG(SI)– Siapa bilang anak negeri tidak mampu menciptakan teknologi perang, seperti produksi Pentagon Amerika Serikat atau negara maju lainnya.

Buktinya,meski dengan segala keterbatasan fasilitas yang dimiliki Lembaga Pengkajian Teknologi (Lemjitek) TNI AD, Karangploso,Kabupaten Malang, mampu menciptakan robot tempur. Robot tempur yang masih dalam bentuk prototype ini, sudah mampu dioperasionalkan dan diujicobakan di lapangan terbuka. Sistem operasionalnya juga sangat canggih, yakni menggunakan sistem kendali jarak jauh memanfaatkan gelombang radio.

Menurut salah seorang anggota teknisi lapangan Lemjitek TNI AD, Kapten Arh.Petrus Gunawan, prototype robot tempur ini sudah beberapa kali diujicobakan,dan mampu menempuh jarak hingga 1 km dari pusat kendali.”Ukurannya 1,5 m kali 0,5 m dengan berat sekitar 100 kg. Robot ini memiliki mesin penggerak dua roda,dan mampu mengangkut beban hingga sekitar 150 kg, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 60 km/jam,” terangnya. Robot yang diciptakan pada tahun 2009 dan belum memiliki nama ini, digerakkan dengan tenaga listrik dari dua baterei yang tersimpan di dalam bodi robot.

Dua baterei ini memiliki kekuatan 36 volt yang berfungsi untuk penggerak, dan 12 volt untuk sistem kontrolnya. Gunawan mengaku, kondisi robot ini belum sepenuhnya sempurna karena baru selesai proses perakitannya, kemungkinan masih sekitar 70-80% dari kondisi ideal yang diinginkan. Meski dinyatakan belum sepenuhnya sempurna, namun robot tempur ini memiliki kemampuan yang setara dengan robot tempur impor. Selain dapat dikendalikan secara jarak jauh, robot ini dilengkapi dengan kamera pengintai sebanyak enam unit,dan sensor ultra- sonic untuk mengenali setiap hambatan yang dihadapi.

”Kami juga memasang dua senjata perusak pada robot ini, yakni senapan mesin ringan (SMR) jenis Minimi kaliber 5,56 mm, dan roket anti tank Estalansa caliber 90 mm yang bisa dioperasionalkan dari jarak jauh,”ungkapnya. Rencananya Lemjitek TNI AD akan terus menyempurnakan robot tempur ini,bahkan akan mengusulkannya ke Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) TNI AD,untuk dijadikan salah satu perlengkapan tempur. Teknisi lapangan Lenjitek TNI AD lainnya,Kapten Arm.Gatut Yuli Susanto mengaku,robot tempur ini sengaja dirancang untuk senjata pengintaian sehingga dilengkapi kamera dan alat sensor.
”Namun, apabila ada kondisi darurat seperti ada serangan dari lawan,baik senjata ringan maupun kendaraan tempur berat, robot ini mampu juga menjadi alat tempur yang efektif dan aman,karena bisa dikendalikan dari jauh”katanya.

(Seputar Indonesia)

dasar malon katak dalam tempurung ...
malingsia goblok

Banjarmasin, Indonesia

#19 Oct 29, 2009
SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Ciptakan Robot Antiteror
28 Jun 2007
Siswa-siswa SMA Muhammadiyah tak menduga robot buatan mereka fenomenal. MAC I, nama robot itu, dibuat hanya dengan biaya Rp 60 juta. Tapi, belakangan kemampuan MAC I setara dengan robot senilai Rp 3 miliar.

Semua berawal dari kreativitas genius Tim Smart. Tim beranggota 15 siswa itu merupakan singkatan dari Smamda Robotic Team. Tim tersebut terbentuk dari kegiatan ekstrakurikuler robotika di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Anggotanya adalah siswa-siswa yang mempunyai nilai fisika dan matematika minimal tujuh serta telah lolos seleksi. Sebab, mereka dituntut mampu membuat robot dan menjelaskan secara teoretis.

Reputasi tim itu cukup mengagumkan. Meski tergolong pemula, Smart pernah menjadi juara pertama dalam workshop dan lomba robotika tingkat nasional di ITS Surabaya. Rangga Nanda Restanto, salah seorang anggota Smart, mengungkapkan, waktu itu robotnya, Line Tracer, mendapat penilaian plus dari juri karena kemampuan gerak dan efisiensinya. "Kami ingin melakukan sesuatu yang lebih dari itu," kata Rangga.

Prestasi tersebut terus memacu personel Smart untuk terus berkreasi. Mereka mengajukan proposal kepada sekolah untuk merakit robot yang spektakuler. Misalnya, mampu menjinakkan bom dan mengendus aktivitas teror. Selain itu, siswa-siswa mengaku risau dengan stigma seolah-olah aktivitas terorisme identik dengan Islam. "Dengan robot ini, kami ingin membuktikan bahwa tidak semua umat Islam setuju terhadap aksi terorisme," jelas Rangga.

Robot baru ciptaan mereka diberi nama Muhammadiyah Automation Community atau disingkat MAC I. Yudi mengklaim robot buatan siswanya itu bisa difungsikan untuk kebutuhan militer. Dengan sentuhan teknologi yang lebih canggih dan polesan lebih genius, MAC I bisa berfungsi sebagai alat spionase, pemadam api, penjaga perbatasan, penyapu ranjau, bahkan penghalau massa. Robot tersebut juga bisa naik turun tangga dan melewati genangan air setinggi 35 cm.

"Dalam proses pembuatan, kami ternyata bisa memfungsikan lebih robot MAC I," kata Yudi Tri Wibisono, pembina Smart.

Guru yang pernah kuliah teknik elektro di Universitas Brawijaya Malang itu mengatakan, Tim Smart sedang berupaya mempercanggih MAC I agar bisa berjalan diatas lumpur. Yudi mengaku pernah mempelajari robot antiteror milik polisi melalui berbagai literatur. Misalnya, Hobo, robot asal Inggris yang berharga hingga Rp 3 miliar. MAC I yang bisa berputar 360 derajat tersebut punya kemampuan standar tak beda dengan robot itu, bahkan bisa lebih.

Misalnya, jika difungsikan sebagai penjaga perbatasan, MAC I bisa diberi jalur khusus agar dapat memantau benda bergerak di sekitarnya, lalu mengirimkan sinyal ke pos penjaga perbatasan. Robot itu juga bisa dilengkapi alat untuk memotong kabel bom. Jika dipasangi senjata, MAC I bisa menembakkan gas air mata, misalnya.

"Kami ingin membantu polisi. Sementara ini hanya beberapa polda yang punya Hobo. Jika ada robot yang murah seperti ini, mungkin semua polres mampu beli," tambah Kepala Sekolah SMU Muhammadiyah 2 Sidoarjo Hidayatulloh.

Harga MAC I hanya sekitar Rp 60 juta. Rangkanya terbuat dari besi dan tangannya dari stainless steel. Selebihnya ialah perangkat elektronik yang dirakit. Robot itu juga bisa dikontrol dengan Wi-Fi dan satelit plus kamera serta inframerah.

Menurut Hidayatulloh, beberapa pengusaha dan penyedia alat kepolisian pernah menawarkan diri menjadi sponsor. Mereka menghubungkan Smart dengan kepolisian. Secara informal, robot yang dirakit sejak Desember 2006 itu telah dicermati polisi. Namun, MAC I dijadwalkan bakal resmi diluncurkan pada Sabtu (30/6) di SMA Muhammadiyah, Jl Mojopahit, Sidoarjo, dengan mengundang Kapolda Jatim Irjen Pol Herman S. Sumawiredja dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Syamsul Mappareppa.[idp/jul].

dasar malon katak dalam tempurung ...

“british sayang malon”

Since: Oct 09

padang, west sumatra

#20 Oct 29, 2009
baru bikin robot penjilat taik aja bangga!
nordin m top

Jakarta, Indonesia

#21 Oct 29, 2009
ayo gan sundul bravo indonesia loser malayan idiot numero uno indonesia last number malayan idiot

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 2
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 12 min PRADITA 91,658
KESIAN, INDONESIA DIPIMPIN Oleh DEWA BADUT JOKOWI 15 min jokowi vs najib 2,100
GAY JAKARTA, ayo berhimpun disini (Oct '11) 22 min anak jakarta 2,592
pasutri swinger balikpapan (Jan '13) 36 min eny 290
memek cewek kristen gratisan (May '14) 44 min aldi 2
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 57 min alan_jogja 27,825
AFF suzuki cup 2014 1 hr negaraku 12
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 10 hr indah dewi hipersex 13,314
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 13 hr Tommy 9,685
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 14 hr Usah Nak diLaden 62,887

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE