^-^ mari belajar bahasa jawa ^_^

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 50
Next Last
Jangkrik

Yogyakarta, Indonesia

#1 Jun 7, 2010
Bahasa jawa sebenarnya agak sulit dipelajari..,karena ada beberapa macam seperti jowo ngoko(bahasa sehari2 atau antar teman)dan juga bahasa kromo(untuk orang yg dihormati atau orang yg lebih tua)..
Tapi disini saya akan coba mengajarkan bahasa jawa ngoko(yg mudah dipelajari)dengan dialek selatan(yogya dan sekitarnya..
Kita pelajari dulu kata2 yg dipakai sehari2..misal:
ini = iki
itu = itu
saya = aku
kamu= kowe`(huruf e diucapkan seperti pada kata kota Medan)
dengan=karo
makan=mangan
minum=ngombe`
tidur=turu
mau=arep

Contoh kalimat..
Saya mau makan daging ayam hari ini..
(Aku arep mangan iwak pitik dino iki..)
Saya ingin pergi ke yogya hari ini..
(Aku pengen/arep ning yogya hari ini)
Jangkrik

Yogyakarta, Indonesia

#2 Jun 8, 2010
Apa=opo
disana=ning kono
disini=ning kene
dari=seko
lari=mlayu
jalan kaki=mlaku
dimana=ning ngendi

Kamu habis jalan-jalan dari mana ?
(kowe entes mlaku-mlaku seko ngendi ?)
Jangkrik

Yogyakarta, Indonesia

#4 Jun 8, 2010
J-rock wrote:
Bagaimana kalo..
'' Aku cinta kamu sampai akhir hayatku ''
Cinta=tresno
sampai=tekan
" aku tresno kowe` tekan patiku "
J-rock

Santa Clara, CA

#5 Jun 8, 2010
Thanks..
Perfecto_Indones iano

Santa Clara, CA

#6 Jun 8, 2010
ini nih trit yg gw cari..bro tlg terjemahin yah : angel?beda sampeyan koe koen?durung?dan byk lg..tp ini dulu..aku srg dgr kata2 itu..
MALON

Indonesia

#7 Jun 8, 2010
angel = susah
durung = belum

'sampeyan' sama 'kowe' ga ada bedanya, cuma kalo kowe agak kasar,'kowe' tu digunakan antar teman yg sebaya bukan untuk memanggil orang tua
Anonymous

Mount Morris, MI

#8 Jun 8, 2010
Gw suku jawa tapi besar di sunda .. Hemm gw dah melupakan bahasa jawa, ajarin lagi dong
Perfecto_Indones iano

Santa Clara, CA

#9 Jun 8, 2010
MALON wrote:
angel = susah
durung = belum
'sampeyan' sama 'kowe' ga ada bedanya, cuma kalo kowe agak kasar,'kowe' tu digunakan antar teman yg sebaya bukan untuk memanggil orang tua
mksh bro..
panjenengan apakah sama dg sampeyan? apakah yg dimaksud jawa ngoko itu?
Cristy

Santa Clara, CA

#10 Jun 8, 2010
Kowe = koen dlm bahasa surabaya
MALON

Indonesia

#11 Jun 8, 2010
mngkin begini kira2

panjenengan = anda
sampeyan = kamu
kowe = lo

'kowe' itu tingkatan yg palng kasar
Romeo

Santa Clara, CA

#12 Jun 8, 2010
Jawa ngoko itu bahasa jawa yg dipake untuk berbicara dengan teman2 sebaya..
Romeo

Santa Clara, CA

#13 Jun 8, 2010
Tapi sekarang kebanyakan anak muda tidak bisa jawa kromo dengan baik.
Itu sebabnya banyak anak muda berbicara ngoko dengan orang tuanya sekalipun..
Perfecto_Indones iano

Santa Clara, CA

#14 Jun 8, 2010
thx..thx..gw anak melayu bro..jd agak susah mengerti bhsa jw.tp di topix srg bgt ada rasis thdp jawa..makanya gw malah jd penasaran pgn belajar bhsa ini..,msh byk yg pgn gw tanyain..mdh2an bro sis semua dpt memberi pencerahan..matur nuwun semuanya..
Romeo

Santa Clara, CA

#15 Jun 8, 2010
Bahasa jawa sendiri ada banyak dialek..
Dialek yogya-solo sangat halus berbeda dengan misalnya dialek jawa timuran atau jawa tengah bagian utara/pantura(semarang,demak,j epara dst yg cenderung agak kasar..
Romeo

Santa Clara, CA

#16 Jun 8, 2010
Ada sebuah lagu jawa :
Sewu kuto uwis tak liwati..
Sewu ati tak takoni..
Nanging kabeh podo ra ngerteni..
Lungomu ning ngendi...dst..
( seribu kota sudah kulewati..
seribu hati kutanyai..
namun semua tak ada yg tahu..
pergimu ke mana..dst)
Romeo

Santa Clara, CA

#17 Jun 8, 2010
Mrono:kesana
mrene:kesini
banyak:akeh
sedikit:sitik
tidur:turu
mandi:adus
Perfecto_Indones iano

Santa Clara, CA

#18 Jun 8, 2010
bro..sebenernya knpa dlm bhsa jw ada tingkatan2?truz beda bgt lg kosa katanya..kalo di pikir kreatif bgtz sih org jaman dulu itu ..
Romeo

Santa Clara, CA

#19 Jun 8, 2010
Perfecto_Indonesiano wrote:
bro..sebenernya knpa dlm bhsa jw ada tingkatan2?truz beda bgt lg kosa katanya..kalo di pikir kreatif bgtz sih org jaman dulu itu ..
Aku malah merasa seperti diskriminasi terhadap rakyat jelata,seperti sistem kasta.Bahasa kromo digunakan oleh rakyat jelata ketika berbicara dengan kaum ningrat sedang kaum ningrat menggunakan bahasa ngoko kepada kaum ningrat..
Romeo

Santa Clara, CA

#20 Jun 8, 2010
Terlihat seperti kaum ningrat merendahkan rakyat jelata..
Ada semacam pembagian kelas...bahkan untuk soal bahasa..
Ini salah satu budaya jawa yg tidak suka...bawaan dari agama hindu yg dulu memberlakukan sistem kasta..
Romeo

Santa Clara, CA

#21 Jun 8, 2010
Sedikit koreksi..
Kaum ningrat menggunakan bahasa ngoko kepada rakyat jelata..

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 50
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 10 min NoNo 27,663
KOUMIENAN: Di thread ini kita wajib berteman. (Jun '13) 33 min ple_doi 5,110
Asal indon dari monyet chimpanzi 48 min DomiNiC kenz 5
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 53 min kristenitu budakr... 84,300
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 1 hr ferry 13,211
Club tante girang (Aug '10) 2 hr rendi 3,885
Saya mendoakan Indonesia terus miskin. Amiin. 2 hr XRudal 55
GAY JAKARTA, ayo berhimpun disini (Oct '11) 6 hr dicky ok 2,524
Makan TAHI BERLENDIR..wow..Sedap nyer (Mar '09) 8 hr Odi 6,192
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 10 hr firdhan 9,576

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE