Melihat Malaysia dari “Dunia Lain”

Posted in the Malaysia Forum

khairi wardi

Mclean, VA

#1 Dec 11, 2012
Malaysia merupakan negara tetangga serumpun dengan Indonesia, namun seringkali terjadi ketegangan antara kedua negara, ini terlihat dari zaman orde lama sampai orde reformasi, mulai dari konfrontasi, kasus TKI, pengklaiman wilayah seperti Sipadan-Ligitan dan Blok Ambalat, pencurian budaya dan sederet kasus yang lain.

Mengenal lebih jauh tentang negeri Jiran, sewaktu saya pergi ke Malaysia tahun 2011 lalu ke daerah Gombak tepatnya di Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), dan saya mencoba berinteraksi dengan penduduk sekitar, bercengkrama, mereka menyambut dengan hangat dan tangan terbuka, waktu itu sebenarnya di Indonesia sedang terjadi protes besar-besaran terhadap Malaysia, namun ada hal yang berbeda yang saya lihat, antara pemberitaan di media dengan kondisi masyarakat di Malaysia, mereka sepertinya tidak terpengaruh dengan pemberitaan media masa tentang ketegangan dengan negara Indonesia, mereka kelihatan santai saja bercengkarama, dan malah ketika saya berbelaja mereka sangat ramah.

Saya sempat tidak percaya, kok bisa berbeda apa yang saya bayangkan tentang Malaysia yaitu mereka suka mengklaim budaya Indonesia dan lain-lain, tetapi mungkin tidak semua warganya seperti itu, disamping ada yang baik dan tidak, ini terlihat juga, ketika saya datang menghadiri seminar di KBRI, waktu itu berbicara tentang membangun ekonomi Malaysia-Indonesia, yang dihadiri oleh para pejabat antar kedua negara, pembicaraannya tentang bagaimana kedua negara bisa bersinergi saling bahu membahu untuk menjadi negara terkemuka di Asia Tenggara, saling memberi masukan dan sebagainya, diskusi berjalan alot sekali, dan saya bertanya kepada salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil kuliah di pascasarjana IIUM, tentang masyarakat Malaysia sesungguhnya, apakah sama pemberitaan yang ada di media dengan di lapangan, katanya sebenarnya yang mempermasalahkan dan membuat keruh suasana adalah orang-orang yang berkepentingan dan membuat kekacauan, dibantu oleh media yang mebesar-besarkan maslah, tetapi masyarakat sendiri tidak mau tahu akan hal itu

Melihat kondisi ini saya berusaha bersikap netral, saya tidak ingin langsung melihat dari satu sisi, karena segala sesuatu pasti ada hal positif dan negatifnya, tidak selamanya akan menjadi negatif terus atau positif terus, yang penting bagi saya bagaimana supaya antara kedua bangsa saling memahami dan menghormati satu sama lain.

Since: Mar 12

Batu Pahat, Malaysia

#2 Dec 11, 2012
Hal negetif hanya dibesar2 oleh media Indonesia. Ada agenda yang mereka mahukan.

Rakyat indonesia pula cukup mudah untuk dihasut.

Kami disini seperti tiada apa2 yang berlaku.

“Lo ASIK, Gue SANTAI”

Since: Nov 10

Lo USIK, Gue BANTAI

#3 Dec 11, 2012
Ada yg diuntungkan bila indonesia-malaysia bersitegang. Memang kita sebagai rakyat harus kritis. Jangan mudah terpengaruh dengan media, apalagi di indonesia. Banyak media dikuasai pemilik parpol. Integritas? Nol besar.

Since: Mar 12

Batu Pahat, Malaysia

#4 Dec 11, 2012
Xenus wrote:
Ada yg diuntungkan bila indonesia-malaysia bersitegang. Memang kita sebagai rakyat harus kritis. Jangan mudah terpengaruh dengan media, apalagi di indonesia. Banyak media dikuasai pemilik parpol. Integritas? Nol besar.
Betul kamu...

Sebenarnya kita perlu bijak. Topix ini hanya mainan bukan seperti yang berlaku diluar sana.
Kirikanan0

Satellite Provider

#5 Dec 11, 2012
klu pakai kata HUSNUZHAN..boleh ya..?

HUSNUZHAN...

“gw emang jawa”

Since: Aug 12

Location hidden

#6 Dec 11, 2012
TamuSenja wrote:
<quoted text>
Betul kamu...
Sebenarnya kita perlu bijak. Topix ini hanya mainan bukan seperti yang berlaku diluar sana.
100 bukan kamu.... tapi banyak orang yg melebih-lebihkan ....

Since: Oct 12

United States

#7 Dec 11, 2012
TamuSenja wrote:
Hal negetif hanya dibesar2 oleh media Indonesia. Ada agenda yang mereka mahukan.
Rakyat indonesia pula cukup mudah untuk dihasut.
Kami disini seperti tiada apa2 yang berlaku.
bukan d hasut bor tapi menjaga semua yang ada d indo adalah tugas yang d turunkan oleh para.leluhur" pejuang" kami...
kami marah karna d usik tapi kami segan kalo anda sopan..
ingat itu...

Since: Oct 12

United States

#8 Dec 11, 2012
Xenus wrote:
Ada yg diuntungkan bila indonesia-malaysia bersitegang. Memang kita sebagai rakyat harus kritis. Jangan mudah terpengaruh dengan media, apalagi di indonesia. Banyak media dikuasai pemilik parpol. Integritas? Nol besar.
y iy lah soalnya ada negara yang ingin melihat kemuatan militer indo yang sebenarnya tapi petinggi" TNI tau semua.itu dan lebih memilih mengusir "MALING" yang masuk k wilayah indo tanpa ijin dan 1 lagi malaysia itu mengganggu indo jg ingin numpang tenar ..
hhr

Since: Mar 12

Batu Pahat, Malaysia

#9 Dec 11, 2012
Ichsan nusantara wrote:
<quoted text>
bukan d hasut bor tapi menjaga semua yang ada d indo adalah tugas yang d turunkan oleh para.leluhur" pejuang" kami...
kami marah karna d usik tapi kami segan kalo anda sopan..
ingat itu...
Jangan harap sangat untuk aku bersopan kalau kamu mulakan dulu...

“Pertahankan Ambalat”

Since: May 12

Karang Unarang , Indonesia

#10 Dec 11, 2012
INI ADALAH KARENA MALAYSIA IKUT FPDA YANG ANGGOTANYA ADALAH PRO ISRAEL

MALAYSIA hanya jadi pion dari israel berhadapan dengan negara muslim

inilAH akar dari semuanaya

Since: Mar 12

Batu Pahat, Malaysia

#11 Dec 11, 2012
Kirikanan0 wrote:
klu pakai kata HUSNUZHAN..boleh ya..?
HUSNUZHAN...
Benar..bersangka baik itu membolehkan kita berfikir mana salah mana betul

“Lo ASIK, Gue SANTAI”

Since: Nov 10

Lo USIK, Gue BANTAI

#12 Dec 11, 2012
TamuSenja wrote:
<quoted text>
Betul kamu...
Sebenarnya kita perlu bijak. Topix ini hanya mainan bukan seperti yang berlaku diluar sana.
kekuatan muslim asia terbesar dunia adalah bila indonesia-malaysia bersatu. Ketika kedua negara itu hancur, akan ada yang tertawa penuh kemenangan...

Cukuplah Iraq, Afganistan, Suriah, dan Yaman yang menjadi korban adu domba Zionis Yahudi.
Kirikanan0

United States

#13 Dec 11, 2012
media jgn jadi lesung batu.....hek eleh...salah terus...

batu apiiii...!!!
Kirikanan0

United States

#14 Dec 11, 2012
TamuSenja wrote:
<quoted text>
Benar..bersangka baik itu membolehkan kita berfikir mana salah mana betul
setuju....

maka berHUZNUZHANlah.....!

kedua bangsa ini..........he he

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 5 min ADMIRAL PRAWIRO 98,927
Adu debat dan logika... Islam VS Kristen. Fakta... (Nov '12) 9 min Ali bin usman 259
FANKUI KONTOL ANJING. BANGSAT LOE SEMUA TIKO Gi... (May '13) 18 min Cengho jijik dg c... 11
(undang undang) PRC harus disebut sebagai TIONGKOK 21 min HANZIP_RONDA 86
Jokowi PIDATO , Dunia Berdecak KAGUM ada yang I... 34 min HANZIP_RONDA 726
[info] SUMATERA: BUMI MELAYU YANG DIJAJAH JAWA (Jan '10) 41 min jap 31
Forumer Malaysia SUJUD kepada JOKOWI?? 58 min HANZIP_RONDA 26
Sriwijaya sudah terbukti berpusat dan bermula d... 1 hr Ra1MancUnited 1,148
KESIAN, INDONESIA DIPIMPIN Oleh DEWA BADUT JOKOWI 1 hr Cengho jijik dg c... 4,158
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 8 hr dina 13,369
More from around the web