Bahasa Resmi TIMOR LESTE ???

Posted in the Malaysia Forum

First Prev
of 2
Next Last
malon anjing

Jakarta, Indonesia

#1 May 21, 2009
Bahasa

Sejak kemerdekaan Timor Timur pada tahun 2002, setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB, Timor Timur berdasarkan Konstitusi hanya mengakui 2 bahasa nasional yaitu bahasa Tetum dan bahasa Portugis. Di dalam konstitusi disebutkan 2 bahasa yang dijadikan bahasa kerja yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetum sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah.

Indonesia Sambut Baik Pemakaian Bahasa Indonesia di Timor Leste

Jakarta (ANTARA News)- Pemerintah Republik Indonesia menyambut baik upaya pemerintah Timor Leste untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di negara itu.

Pernyataan itu dikemukakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, saat melakukan jumpa pers bersama Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.

"Saya memberikan penghargaan dan menyambut baik atas upaya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di Timor Leste," katanya.

Menurut Presiden, penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di Timor Leste dapat menjadi modalitas untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara di masa mendatang.

"Kita berharap nanti ada Departemen Bahasa Indonesia di universitas di Timor Leste dalam konteks pendalaman bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kerjasama lebih baik lagi," ujarnya.

Presiden juga mengatakan bahwa bahasa Indonesia mirip dengan bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia dan Brunei Darussalam, sehingga jika masyarakat Timor Leste memahami bahasa Indonesia, maka masyarakat Timor Leste dapat juga berkomunikasi dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, Ramos Horta di akhir sambutannya mengatakan bahwa ia berharap dalam kunjungannya mendatang ke Indonesia dapat menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia.

Dia mengatakan sekalipun ia bukanlah penyair atau mahir dalam berbahasa Indonesia, namun dari waktu ke waktu bahasa Indonesianya makin baik.

Dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden, Ramos Horta telah memberikan sinyal kedekatannya dengan RI, antara lain dengan menggunakan bahasa Indonesia pada sebagian pidatonya.

Bahasa Indonesia tetap digunakan oleh sebagian besar rakyat Timor Leste dan banyak warga Timor Leste yang sangat menggemari program-program televisi Indonesia yang dapat ditangkap di wilayah Timor Leste.

Memperhatikan kenyataan itu, Presiden Ramos Horta bermaksud mengusulkan perubahan konstitusi Timor Leste -- khususnya terkait dengan pasal mengenai penggunaan bahasa -- untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja.

Dalam hal ini, bahasa Portugis dinilai sulit dipelajari oleh kebanyakan penduduk Timor Leste dan tidak dipakai di kawasan.

Oleh karena itu, Ramos Horta berharap Indonesia dapat membuka Pusat Kebudayaan/Bahasa Indonesia di Timor Leste.(*)
malon anjing

Jakarta, Indonesia

#2 May 21, 2009
penjajahan Jilid ke II neh ! duh senangnya membodohkan negara yang satu ini, ngapain coba anak2 SMA disana harus pake bahasa indonesia padahal bhs resminya kan portugis, dan kalau mau kerja pake bhs indonesia OMG ! beuhhhh memaluikan !

“I'm back!!”

Since: Dec 08

Location hidden

#3 May 21, 2009
Gunakanlah bahasa indonesia..
Hapusin bahasa JAWA..
IndoSial

Kuala Lumpur, Malaysia

#4 May 21, 2009
malon anjing wrote:
Bahasa
Sejak kemerdekaan Timor Timur pada tahun 2002, setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB, Timor Timur berdasarkan Konstitusi hanya mengakui 2 bahasa nasional yaitu bahasa Tetum dan bahasa Portugis. Di dalam konstitusi disebutkan 2 bahasa yang dijadikan bahasa kerja yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetum sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah.
Indonesia Sambut Baik Pemakaian Bahasa Indonesia di Timor Leste
Jakarta (ANTARA News)- Pemerintah Republik Indonesia menyambut baik upaya pemerintah Timor Leste untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di negara itu.
Pernyataan itu dikemukakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, saat melakukan jumpa pers bersama Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.
"Saya memberikan penghargaan dan menyambut baik atas upaya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di Timor Leste," katanya.
Menurut Presiden, penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja di Timor Leste dapat menjadi modalitas untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara di masa mendatang.
"Kita berharap nanti ada Departemen Bahasa Indonesia di universitas di Timor Leste dalam konteks pendalaman bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kerjasama lebih baik lagi," ujarnya.
Presiden juga mengatakan bahwa bahasa Indonesia mirip dengan bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia dan Brunei Darussalam, sehingga jika masyarakat Timor Leste memahami bahasa Indonesia, maka masyarakat Timor Leste dapat juga berkomunikasi dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.
Sementara itu, Ramos Horta di akhir sambutannya mengatakan bahwa ia berharap dalam kunjungannya mendatang ke Indonesia dapat menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia.
Dia mengatakan sekalipun ia bukanlah penyair atau mahir dalam berbahasa Indonesia, namun dari waktu ke waktu bahasa Indonesianya makin baik.
Dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden, Ramos Horta telah memberikan sinyal kedekatannya dengan RI, antara lain dengan menggunakan bahasa Indonesia pada sebagian pidatonya.
Bahasa Indonesia tetap digunakan oleh sebagian besar rakyat Timor Leste dan banyak warga Timor Leste yang sangat menggemari program-program televisi Indonesia yang dapat ditangkap di wilayah Timor Leste.
Memperhatikan kenyataan itu, Presiden Ramos Horta bermaksud mengusulkan perubahan konstitusi Timor Leste -- khususnya terkait dengan pasal mengenai penggunaan bahasa -- untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kerja.
Dalam hal ini, bahasa Portugis dinilai sulit dipelajari oleh kebanyakan penduduk Timor Leste dan tidak dipakai di kawasan.
Oleh karena itu, Ramos Horta berharap Indonesia dapat membuka Pusat Kebudayaan/Bahasa Indonesia di Timor Leste.(*)
Walaupun gwe selalu anti indon, tapi soal bahasa di ET gwe sokong lho. Kenapa????? 24 tahun indon duduki ET dan menyebabkan 95% org ET bisa ngomong dan tulis bahasa. Skrg org ET menjadi bodoh dan ketinggalan kerana memilih bahasa Portugal yang pernah menjajah mereka 450 tahun tanpa apa-apa yang berfaedah dapat dibanggakan oleh org ET, kecuali anak-anak haram yang di hasilkan oleh Portugal yang jahat itu.
Perbandingan...... 24 tahun dgn 450 tahun.... gwe solute indon kerana realitas.
malon anjing

Jakarta, Indonesia

#5 May 21, 2009
IndoSial wrote:
<quoted text>
Walaupun gwe selalu anti indon, tapi soal bahasa di ET gwe sokong lho. Kenapa????? 24 tahun indon duduki ET dan menyebabkan 95% org ET bisa ngomong dan tulis bahasa. Skrg org ET menjadi bodoh dan ketinggalan kerana memilih bahasa Portugal yang pernah menjajah mereka 450 tahun tanpa apa-apa yang berfaedah dapat dibanggakan oleh org ET, kecuali anak-anak haram yang di hasilkan oleh Portugal yang jahat itu.
Perbandingan...... 24 tahun dgn 450 tahun.... gwe solute indon kerana realitas.
ya secara indonesia menjajah timor leste selama 24 tahun dengan memasukan menjadi provinsi termuda (saat itu provinsi ke 27) ya mau ngak mau pasti bisa pake bhs indonesia lagh, gw yakin mereka masih bisa nyanyi INDONESIA RAYA !
malon anjing

Jakarta, Indonesia

#6 May 21, 2009
gw cuman bisa nambahin 450 tahun dijajah portugal dengan 24 tahun dijajah indonesia ! better dijajah indonesia 24 tahun karena bahasa indonesia banyak digunakan di dunia ! btw pembangunan sampe punya universitas juga dijalankan bahkan sampai ada keributan tentang dikatakan anak emas indonesia si timor leste itu karena pembangunan yang pesat(sekarang bangunan itu dimusnahkan ketika masa perang dengan RI) hahahhaha >>>> syarat berdirinya provinsi di Indonesia adalah harus memiliki minimal SATU UNIVERSITAS ! makanya pendidikan di timor baik lah,secara jaman portugal ga da sekolah banyak ! dan yang paling tololnya org timor leste ngak mau makan APEL yang Mateng (sudah layak makan>>> biasa dijual di market) karena masih percaya omongan portugal yang katanya kalau makan apel bisa kena RACUN hahahahahah hari gini Masih goblok !
IndoSial

Kuala Lumpur, Malaysia

#7 May 21, 2009
malon anjing wrote:
gw cuman bisa nambahin 450 tahun dijajah portugal dengan 24 tahun dijajah indonesia ! better dijajah indonesia 24 tahun karena bahasa indonesia banyak digunakan di dunia ! btw pembangunan sampe punya universitas juga dijalankan bahkan sampai ada keributan tentang dikatakan anak emas indonesia si timor leste itu karena pembangunan yang pesat(sekarang bangunan itu dimusnahkan ketika masa perang dengan RI) hahahhaha >>>> syarat berdirinya provinsi di Indonesia adalah harus memiliki minimal SATU UNIVERSITAS ! makanya pendidikan di timor baik lah,secara jaman portugal ga da sekolah banyak ! dan yang paling tololnya org timor leste ngak mau makan APEL yang Mateng (sudah layak makan>>> biasa dijual di market) karena masih percaya omongan portugal yang katanya kalau makan apel bisa kena RACUN hahahahahah hari gini Masih goblok !
Lho jgn taksub. Bahasa Portugal lebih besar penggunaannya di dunia.....

“Olah raga driji...”

Since: Mar 09

Indonesia toempah darahkoe

#8 May 21, 2009
malon anjing wrote:
gw cuman bisa nambahin 450 tahun dijajah portugal dengan 24 tahun dijajah indonesia ! better dijajah indonesia 24 tahun karena bahasa indonesia banyak digunakan di dunia ! btw pembangunan sampe punya universitas juga dijalankan bahkan sampai ada keributan tentang dikatakan anak emas indonesia si timor leste itu karena pembangunan yang pesat(sekarang bangunan itu dimusnahkan ketika masa perang dengan RI) hahahhaha >>>> syarat berdirinya provinsi di Indonesia adalah harus memiliki minimal SATU UNIVERSITAS ! makanya pendidikan di timor baik lah,secara jaman portugal ga da sekolah banyak ! dan yang paling tololnya org timor leste ngak mau makan APEL yang Mateng (sudah layak makan>>> biasa dijual di market) karena masih percaya omongan portugal yang katanya kalau makan apel bisa kena RACUN hahahahahah hari gini Masih goblok !
hahahhahahah
soal apel itu...?
yang bener broooo

^_^
Ryan si Jagal Jombong

Kuala Lumpur, Malaysia

#9 May 21, 2009
Haiii...aku dtg lg.Ada sapa2 nak duet dgn aku???
malon anjing

Jakarta, Indonesia

#10 May 21, 2009
MALINGSIA TAI NGASU wrote:
<quoted text>
hahahhahahah
soal apel itu...?
yang bener broooo
^_^
ya bener lah, lo tanya aje sama org timor leste setau gw banyak tuh yang kuliah di yogyakarta dan surabaya ! hahahahah emang bloon banget ! ibarat kata udah MITOS, gw juga ngak mau terlalu lebay sih kepercayaan di pulau sumatera dan jawa banyak yang suka nyeleneh dan aneh2 aja tp ni gw yang satu ini ngak habis pikir seh ^0^
Beruk

Puchong, Malaysia

#11 May 21, 2009
HIDUP BAHASA INDONESIA!!! HAPUSKAN BAHASA Jawa!!!
iletmaut

Indonesia

#12 May 21, 2009
Beruk wrote:
HIDUP BAHASA INDONESIA!!! HAPUSKAN BAHASA Jawa!!!
Racist banget sih loe... Ga pernah sekolah ya...???

“I'm back!!”

Since: Dec 08

Location hidden

#13 May 21, 2009
iletmaut wrote:
<quoted text>
Racist banget sih loe... Ga pernah sekolah ya...???
Jawa emangnya 1 bangsa yg rasis.. Ga pernah sadar yach?
hypoo

Indonesia

#14 May 22, 2009
IndoSial wrote:
<quoted text>
Walaupun gwe selalu anti indon, tapi soal bahasa di ET gwe sokong lho. Kenapa????? 24 tahun indon duduki ET dan menyebabkan 95% org ET bisa ngomong dan tulis bahasa. Skrg org ET menjadi bodoh dan ketinggalan kerana memilih bahasa Portugal yang pernah menjajah mereka 450 tahun tanpa apa-apa yang berfaedah dapat dibanggakan oleh org ET, kecuali anak-anak haram yang di hasilkan oleh Portugal yang jahat itu.
Perbandingan...... 24 tahun dgn 450 tahun.... gwe solute indon kerana realitas.
gitu dong! akhirnya, ada malon yg ngaku jg !
Majapahit Raya

Kediri, Indonesia

#15 May 22, 2009
bahasa Jawa tetap digunakan 150 juta orang jawa, bahasa Indonesia digunakan 210 juta orang jawa dan indonesia :)

peace...
IndoSial

Cheras, Malaysia

#16 May 22, 2009
hypoo wrote:
<quoted text>
gitu dong! akhirnya, ada malon yg ngaku jg !
Hallo....gwe bukan jenis hipokrit seperti lho. Yang bener tetap bener. Gwe di ET 13 bulan, gwe tau apa yang terbaik untuk ET kerna gwe service and facing with the rural people of ET. Gwe diskusi dengan facts. Cuma kamu jangan kembang hidung....
Flory

Indonesia

#17 Jul 24, 2012
Maun
loco

Europe

#18 Jul 24, 2012
kami nak ekspansi bisnis kami ke timor leste, kami nak buka casino besar bwat rakyat timor leste
Rudy

Sweden

#19 Jul 24, 2012
Hahaha peringkat 4 bahasa di seluruh dunia adalah bahasa indonesia. Yg paling banyak kosa katanya.

Since: Sep 11

Location hidden

#20 Jul 24, 2012
Dengan mempelajari bahasa Indonesia, maka anak-anak Timor Leste, bersama anak-anak Singapore, Malaysia, Brunei, Thailand Selatan, Champa Cambodia, Keeling Island, bisa menikmati website Inter Milan, AC Milan , Juventus dan Real Madrid dengan mudahnya...

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker
First Prev
of 2
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
Kenapa Indon Berkelakuan Aneh Di Forum? 5 min Datuk Derdahak 70
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 5 min Muslim 83,068
INDO termakmur di SEA setelah S'pore (Apr '13) 6 min awang kitang 48
Satu-satunya presiden cacingan di dunia 9 min Datuk Derdahak 7
Daftar ARTIS INDONESIA NIKAH BEDA AGAMA (Jun '09) 10 min anonymous 363
INSAN3 masuk RSJ Jokowi jadi Presiden RI 14 min Insan3 anjing 3
JOKOWI VS Najib...Malaysia LOW CLASS 16 min Insan3 anjing 3
Saya baby mila , cewek bispak (Apr '08) 29 min no name 13,197
ALUTSISTA RAHASIA buatan INDONESIA (Aug '12) 31 min Usah Nak diLaden 62,859
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 2 hr mario 9,562
FORUM LONTE/GIGOLO (Silakan Isi) (Jul '09) 4 hr Ardhi 27,638

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE