asal usul paulus - pengasas agama kristian

Posted in the Malaysia Forum

Comments
1 - 20 of 519 Comments Last updated Oct 15, 2013
First Prev
of 26
Next Last
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#1
May 6, 2008
 
ASAL-USUL PAULUS - PENDIRI AGAMA KRISTIAN

Ulama-ulama Islam sepakat mengatakan bahawa tokoh terpenting dalam agama Nasrani sejak semula perkembangannya yang ajarannya menyelewing dari ajaran Nabi Isa ialah Paulus yang semula bernama Saul. Malahan sebahagian ulama-ulama besar agama Islam dengan tegas menyatakan bahawa apa yang dinamakan agama Nasrani itu lebih tepat dinamakan Paulinisme (agama Paulus). Betapa besar peranan Paulus dalam agama Nasrani dapat kita lihat pada kitab kanonik agama Nasrani sendiri iaitu Perjanjian Baru. Di sana terdapat 14 Surat-surat Paulus. Sedang Injil Yahya, Injil Markus, Injil Lukas (murid Paulus) dan Kisah Rasul-rasul sejak lama dianggap Paulinistis, yakni bersumber ajaran Paulus. Ini bererti empat-perlima dari Perjanjian Baru itu adalah berjiwa ajaran Paulus. Segala pokok-pokok penting iman Kristian seperti menganggap Isa adalah Tuhan, atau Anak Tuhan atau Peribadi Ketuhanan, tentang Tebusan Dosa manusia dalam Penyaliban tentang ajaran Injil untuk luar Israil juga, tentang tidak usah bersunat, tentang Dosa Warisan dari Adam, tentang cukup iman pada Penyaliban tanpa amal syariat Taurat dan sebagainya semua bersumber pada isi Perjanjian Baru yang paulinistis (bercorak ajaran Paulus) itu.
Sekarang marilah kita lihat pribadi Paulus. Siapakah Paulus sebenarnya sehingga ajarannya dimuliakan oleh umat Nasrani sama seperti ajaran Nabi Isa sendiri atau lebih?
Namanya yang asli ialah Saul, lahir di negeri Tarsus (Asia Keeil) kira-kira 2 tahun sesudah Masehi. Kerana Nabi Isa lahir tahun 6 sebelum Masehi, maka Paulus kira-kira 8 tahun lebih muda dari Nabi Isa. Paulus adalah nama Latinnya dari Saul.
Ayahnya berasal suku Benyamin dan masuk golongan Yahudi peranakan, tetapi di negeri asing melakukan hukum Taurat dengan cermatnya. Pada zaman Paulus kota Tarsus merupakan kota dagang yang penting dan ramai menjadi kota pelintasan dari Timur ke Eropah (Rom) pulang pergi. Pada masa itu di kota Tarsus terdapat sebuah Perguruan Yunani, sejumlah candi dewa-dewa, gedung komedi dan tempat-tempat hiburan lainnya yang disukai orang-orang Yunani.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#2
May 6, 2008
 
Sejak muda Paulus sangat tertarik pada kebudayaan Yunani (Hellenisme) terutama pelajaran filsafatnya. Dengan demikian terkumpul pada dirinya dua pengaruh, pertama pengaruh didikan hukum Taurat yang kuat dari keluarganya dan kedua pengaruh kebudayaan Yunani yang mempengaruhi masyarakat di kala itu. Mengenai ajarannya Paulus juga berguru pada Gamalil seorang ulama Yahudi yang amat terkenal di Jerusalem.
Persinggungan pengaruh agama Yahudi dengan filsafat Yunani di masa itu adalah umum meliputi segenap masyarakat Yunani di Asia Barat dan Afrika Utara. Aliran filsafat Yunani yang amat berpengaruh di kala itu ialah aliran Stoa yang mempertuhankan alam itu menganggap Tuhan dan makhluk merupakan suatu kesatuan yang sama zat (substansi)nya dan hanya berbeza di dalam penglihatan bentuk.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#3
May 6, 2008
 
Perpaduan antara ajaran filsafat Stoa dengan ajaran agama Yahudi seperti kita lihat pada Sejarah Filsafat terdapat pada filosuf Yahudi Philo yang menganggap logos dari Stoa sebagai semacam malaikat yang tertinggi atau Jibril (Ruhul Qudus).

Philo ini hidupnya antara tahun 25 sebelum Masehi hingga 50 sesudah Masehi jadi satu masa dengan Nabi Isa dan dengan Paulus.

Paulus bukan orang Nazaret dan bukan pula orang Jerusalem jadi bukan orang yang sejak muda segera dapat berhubungan dengan lingkungan Nabi Isa. Dan memang Paulus bukanlah murid Nabi Isa, juga bukan pengikutnya, baik di Jerusalem atau di Nazaret. Dia belum pernah berhadapan muka dengan Nabi Isa, walaupun ada kemungkinan dia pernah melihatnya dari jauh. Malahan Paulus merupakan musuh dari pengikut-pengikut Nabi Isa dan bertindak kejam sekali. Dia mengambil peranan penting dalam menganiaya orang-orang Nasrani yang pertama. Banyak orang-orang Nasrani itu yang dipenjarakannya dianiaya di dalam rumah sembahyang dan dipaksanya mereka menentang Nabi Isa. Dia menyetujui pembunuhan terhadap orang-orang Nasrani. Tidak diceriterakan apakah Paulus ikut waktu menangkap dan membawa Nabi Isa ke tiang penyaliban di bukit Golgota. Tetapi bukan mustahil dia ikut di waktu itu.

Paulus hingga matinya tidak pernah kahwin dan badannya kurang sihat sering mengganggu tablighnya*). Tetapi dia adalah seorang pembicara yang baik sekali, apa lagi ditambah pengetahuannya yang dalam tentang agama-agama Hellenisme (Kisah Rasul-rasul 2 : 39, 25 : 1-12).

*) Lihat ENSIE jilid 1.
§) Teleologi ialah ilmu yang menyelidiki tujuan segala peristiwa dan kejadian, Pantheisme ialah aliran filsafat yang menganggap satu zat antara Tuhan dan makhluk.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#4
May 6, 2008
 
Dalam surat-suratnya jelas Paulus beraliran filsafat Stoa. Dr. Von Platen dalam bukunya "Sejarah Filsafat Barat" jilid II muka 5 dengan tegas menyatakan bahawa ajaran Paulus sangat dipengaruhi filsafat klasik Yunani terutama dari mazhab Stoa itu. Dalam khutbahnya yang masyhur di Areopagos Athena Paulus mengutip kata demi kata dari penyair Stoa yang terkenal iaitu Aratos (Kisah Rasul-rasul 17-28): "Kerana kita hidup dalam Tuhan, gerakan-gerakan kita serta seluruh perwujudan kita terjadi dalam Tuhan".

Menurut Von Platen dan ulama-ulama Barat yang berkecuali maka ajaran Paulus tentang Tuhan dan makhluk-makhluk adalah berasal dari ajaran teleologi" §) dari mazhab Stoa yang mempertuhankan alam itu (I Korintus 12 : 12-27).
Umumnya semua ulama Barat bukan semua mengakui adanya perbezaan antara ajaran Paulus dengan ajaran Nabi Isa. Hanya golongan beragama selalu berusaha untuk mempertemukan perbezaan itu. Di bawah ini kita kutip saja keterangan dari ENSIE jilid I, muka 326 mengenai perbezaan-perbezaan ini:

1. Nabi Isa selalu mementingkan dalam khutbah-khutbahnya akan kedatangannya kerajaan Allah yang akan datang. Sedangkan pada Paulus dititikberatkan pada kedatangan kembali dari Nabi Isa itu sendiri.

2. Nabi Isa tidak pernah membicarakan tentang dosa warisan. Sedangkan Paulus ada mengajarkan hal dosa warisan ini (Rum 5 : 12).

3. Nabi lsa mengajarkan tentang pengampunan dari Tuhan atas dasar penyesalan dan taubat sungguh-sungguh pada perkataan dan perbuatan dari manusia serta dasar adanya kemahapengampunan daripada Tuhan sendiri. Sedangkan Paulus menyandarkan pengampunan Tuhan pada penyaliban dari N abi Isa.

Menurut ENSIE walaupun ada hal-hal yang dapat didamaikan antara ajaran Nabi Isa dengan ajaran Paulus namun orang nyata bersikap tidak jujur terhadap perbezaan-perbezaan dalam pernyataan Injil kalau orang dalam semua hal mahu menyesuaikannya secara dibuat-buat.
Selanjutnya dari Perjanjian Baru sendiri kita melihat perbezaan-perbezaan penting lagi.

4. Nabi Isa tetap mengakui hukum Taurat berlaku bagi pengikut-pengikutnya (Matius 5 : 17, 18). Sedang pada Paulus hukum Taurat telah digantikan dengan iman pada penyaliban Jesus untuk menebus dosa manusia (Rum 3 : 21-28). Syariat Taurat tidak berlaku lagi dengan penebusan Isa (Rum 7 : 4-6).

5. Nabi lsa hanya mengajarkan Injil dalam lingkungan Yahudi (Matius 10 : 5, 6 dan Matius 15 : 24-26). Sedangkan pada Paulus Injil diajarkan pula pada orang-orang kafir luar Yahudi (Kisah 13 : 46 dan Kisah 14 : 27).

6. Nabi lsa mewajibkan kepada pengikutnya meneruskan hukum Ibrahim tentang bersunat, sedangkan Paulus tidak mewajibkan lagi bersunat.(Rum 3 : 30 dan lain-lain).

7. Nabi Isa menyangkal dan menolak dirinya dipertuhankan di samping Tuhan yang Maha Esa (Matius 7 : 21,22). Sedangkan Paulus mengangkat Nabi Isa sebagai Tuhan (I Korintus I : 1-9 ; 12 : 3 dan lain-lain), dan menganggap dirinya sendiri sebagai jelmaan Kristus (Galatia 2 : 19, 20).
riot mouse

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#5
May 6, 2008
 
BREAKING NEWS!!!!

Kartu AXIS sekarang sudah beredar dipasaran loh…!!! Dan sudah bisa saudara/i temui dihampir seluruh counter Handphone terdekat, Kartu ini amat sangat murah dari harga kartu CDMA & GSM yang lainnya. Tetapi, jangan dibeli apalagi sampai dipakai…!!!

Kenapa…??? Karena kartu ini mendukung Pergerakan Gereja Setan (ANTIKRISTUS). Semua tarifnya akan dimulai dari angka 6 dan namanya saja "AXIS" yang kebalikan dari "SIXA/SIX".

Tolong pesan ini jangan sampai putus dan tolong disebarkan ke semua teman, sahabat, keluarga dan semua orang…!!! Karena satu pesan akan menyelamatkan 1 jiwa anak-anak Tuhan. Jangan dibeli dan jangan pernah mau untuk membeli yah, karena kalau kita beli sama saja dengan kita membiarkan SETAN lebih leluasa bekerja didalam kehidupan kita.

Satu hal lagi, kabarnya kartu tersebut terdapat CHIP yang dapat mendeteksi kita kemana saja pun kita pergi, dan mereka bisa tahu seberapa banyak anak-anak TUHAN YESUS KRISTUS yang dapat dijadikan pengikut mereka dan mereka juga dapat mengetahui para pengikut mereka sendiri kemana pun mereka pergi. Jadi agar diharapkan untuk lebih berhati-hati terhadap situasi sekarang (AKHIR JAMAN) ini karena si IBLIS dan para pengikutnya sedang memulai program pergerakan mereka.

Terima kasih untuk perhatiannya. Ayo mari kita dukung lewat doa juga dan kita tolak serta patahkan di dalam nama TUHAN YESUS KRISTUS. Tuhan kita YESUS KRISTUS memberkati kita semua dimanapun kita berada. Amin.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#6
May 6, 2008
 
PAULUS BUKAN RASUL

Selain adanya berbezaan antara ajaran-ajaran Paulus, ajaran Nabi Isa itu kita melihat juga keistimewaan angkatan Paulus menjadi "rasul Nasrani. yang caranya lain sekali daripada keangkatan rasul-rasul Nasrani lainnya. Resminya ada 12 orang rasul-rasul Nasrani iaitu murid-murid Nabi Isa yang dalam Al-Quran disebut Al-Hawariyyun.

Nama-nama mereka menurut Injil Matius 10 : 2-4, Injil Markus 3 : 16-19 dan Injil Lukas 6 : 14-16 ialah Simon atau Petrus, Andereas, Yakub bin Zabdi, Yahya bin Zabdi, Philipus, Bartolomius, Thomas, Matius, Yakub bin Alpius, Tadius, Simon (orang Kanani) dan Yudas Iskariot. Yudas Iskariot ini kerana pengkhianatannya digantikan oleh Matius seorang pengikut Nabi Isa dari golongan biasa.

Adapun rasul-rasul di sini maksudnya pesuruh-pesuruh atau murid-murid dari Nabi Isa (bukan pesuruh-pesuruh Allah) yang sering mengikuti ajarannya ke mana-mana beliau pergi.

Paulus bukanlah murid Nabi Isa dan bukan pula pengikutnya dari golongan biasa. Hingga masa perpisahan Nabi Isa dengan murid-muridnya di bukit (gunung) Zaitun Paulus tidak pernah berhadapan muka atau bercakap-cakap dengan Nabi Isa. Malahan dia aktif berdiri di pihak Imam-imam Yahudi penentang ajaran Nabi Isa.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#7
May 6, 2008
 
Ceritanya menjadi rasul dari agama Nasrani adalah sebagai berikut. Pada suatu hari dia bertugas ke Damsyik dari Jerusalem untuk mengerahkan orang Yahudi di sana menangkap pengikut-pengikut Nabi Isa yang ada di Damsyik (Siria) dan menganiaya atau mempenjarakannya. Menurut pengakuannya sendiri dekat kota Damsyik tiba-tiba dia melihat cahaya dari langit lalu didengarnya suara yang mengaku dialah Jesus, dan Jesus itu memberinya perintah mengajarkan Injil pada Bani Israil dan orang-orang kafir juga (luar Israil). Cerita ini dapat kita baca pada Kisah Rasul-rasul 9 : 1 - 19 dan Kisah Rasul-rasul 26 : 9 - 18 dan Galatia I : 11 - 17.
Yang menyusun Kisah Rasul-rasul itu ialah Lukas murid Paulus sendiri. Dia bukan orang Yahudi (kafir) dan tentu saja tidak penah bertemu Nabi Isa. Paulus menemukan Lukas di Troas setelah Paulus dengan terang-terangan menyebarkan Injil kepada orang-orang luar Yahudi. Sudah jelas cerita tentang Paulus bertaubat jadi Nasrani itu didengar oleh Lukas dari Paulus sendiri.
Pengakuan Paulus menjadi rasul dari Nabi Isa itu tentulah tidak bisa diterima begitu saja oleh rasul-rasul lain yang sah diangkat oleh Nabi Isa. Sebab itu tidak hairan Paulus tidak segera dapat perhatian dari mereka dan dari golongan Yahudi lainnya. Meskipun Paulus sudah mengaku mendapat wahyu dari Nabi Isa itu namun masih lama lagi dia baru lakukan peranan dalam penyebaran agama Nasrani. Mula-mula dia mengembara ke negeri Arab kemudian kembali ke Damsyik lagi, diam di sana 3 tahun lalu ke Jerusalem 2 pekan (tidak ada sambutan juga) lalu pulang ke Tarsus berdiam diri di sana selama kira-kira 10 tahun.
Diduga selama lebih 10 tahun inilah Paulus mendalami pengetahuannya tentang ajaran Injil, ajaran Taurat serta ajaran-ajaran filsafat Yunani aliran Stoa.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#8
May 6, 2008
 
Bahawa pengakuan Paulus menjadi rasul Nabi Isa itu adalah buat-buatannya sendiri saja kita simpulkan dari kenyataan-kenyataan di bawah ini;
Berita-berita tentang Paulus dapat wahyu dari Nabi Isa di jalan ke Damsyik seperti yang diterakan dalam Kisah Rasul-rasul itu sendiri adalah berselisihan isi beritanya satu sama lain. Dalam Kisah 9 : 7 dikatakan: "Maka orang yang berjalan bersama-sama dengan dia itu pun berdiri tercengang, mendengar suara itu, tetapi tiada nampak barang seorang pun".
Tetapi dalam Kisah 22 : 9 soal itu juga dikatakan Paulus: "Sungguhpun segala orang yang bersama-sama dengan aku itu nampak cahaya itu, tetapi tiada mendengar suara Dia, yang berkata kepadaku itu".
Dalam Kisah 9 : 4 dan Kisah 22 : 7 dikatakan Paulus rebah sendiri waktu lihat cahaya itu matanya lalu buta dan disuruh oleh suara Isa itu pergi ke Damsyik untuk menerima tugas melalui mulut seorang Nasrani di sana (Ananias). Tetapi dalam Kisah 26 : 14 dikatakan bahawa yang rebah itu ialah semua mereka (jadi Paulus serta kawan-kawannya juga), dan dalam Kisah 26 : 14 ini juga dikatakan bahawa dia melihat Isa (jadi tidak buta) dan menerima tugas kerasulan itu di tempat itu juga bukan di Damsyik melalui Ananias.
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#9
May 6, 2008
 

Judged:

1

Dalam ilmu jiwa dinyatakan kalau seseorang menceriterakan beberapa kali sesuatu peristiwa dan selalu tidak pernah sama maka itu bererti bahawa peristiwa itu bohong saja atau jiwa orang itu tidak normal. Ulama-ulama Islam dan ulama-ulama Barat yang insaf berpendapat bahawa Paulus waktu itu kena bahang sebab dua perkara:

Pertama: Waktu itu tengahari matahari sedang panas-panasnya (Kisah 22 : 6). Paulus sudah hampir Damsyik bererti dia sudah payah sekali sudah hampir sampai tujuannya dari Jerusalem.
Kedua: Fikirannya bingung sebab kemarahannya yang meluap-luap mahu menyiksa orang-orang Nasrani, lalu dia pingsan.
Nabi Isa itu bukan malaikat, mustahil ada suaranya saja tetapi tubuhnya maya (cahaya saja) atau hanya dilihat oleh Paulus sendiri tidak terlihat orang lain. Apa lagi kejadian itu sudah lama (kira-kira tiga tabun) setelah Nabi lsa pergi mengembara meninggalkan Palestin. Kesimpulan kita memang benar Paulus itu pingsan kerana bahang matahari. Tatkala dia sedar maka suara hatinya menegurnya agar jangan kejam lagi pada orang-orang Nasrani. Lalu dikhayalkannya seakan-akan Nabi Isalah yang menegurnya itu.
Lagi pula kalau Paulus memang menerima wahyu dari Tuhan atau dari Nabi Isa mengapa Paulus tidak langsung menjalankan dakwahnya walaupun tidak diperhatikan orang seperti halnya Nabi-nabi sebelumnya. Mengapa dia harus istirahat dulu lebih 10 tahun di negerinya di Tarsus? Dan mengapa pula tatkala dia aktif menyebarkan Injil ke dunia kafir lalu ajaran 180 derjat berbelok dari ajaran Nabi Isa?
riot mouse

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#10
May 6, 2008
 
^_^????
riot mouse

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#11
May 6, 2008
 
Maka, orang-orang Islam & Kristen harus waspada agar hati mereka tidak memendam cinta terhadap dunia sehingga mereka tak akan meninggalkan agama karena rayuan Dajal.
Dia dapat menyembuhkan orang yang sakit dengan mengusapkan tangannya ke tubuh
mereka, seperti yang dilakukan ‘Īsā, tetapi dengan tipuannya itu, Dajal akan
menggiring orang ke jalan menuju neraka. Jadi, Dajal adalah juru selamat
gadungan, atau Anti-Kristus (al-Masīh al-Dajjāl). Dia akan cyberpunk-pura menjadi
juru selamat dan menipu orang dengan mempertontonkan kekuatannya yang
menakjubkan.

Since: Jan 08

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#12
May 6, 2008
 

Judged:

1

Anti crist itu hanya propaganda orang kristen untuk menghapus para sainstis didunia, agar dunia kembali kepada jaman kebodohan, kristen itu iblis berbulu malaikat hahahahah hati-hati kepada kaum muslimin, buda, dan hindu, jangan pernah buka pintu kalian apabila ada orang berjidat licin datang dengan tentengan kitab, dan salib dileher, itu adalah iblis.... himbauan bagi sainstis jangan pernah percaya sama mereka
riot mouse

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#13
May 6, 2008
 
Maka, orang-orang Islam & Kristen harus waspada agar hati mereka tidak memendam cinta
terhadap dunia sehingga mereka tak akan meninggalkan agama karena rayuan Dajal.
Dia dapat menyembuhkan orang yang sakit dengan mengusapkan tangannya ke tubuh
mereka, seperti yang dilakukan ‘Īsā, tetapi dengan tipuannya itu, Dajal akan
menggiring orang ke jalan menuju neraka. Jadi, Dajal adalah juru selamat
gadungan, atau Anti-Kristus (al-Masīh al-Dajjāl). Dia akan cyberpunk-pura menjadi
juru selamat dan menipu orang dengan mempertontonkan kekuatannya yang
menakjubkan.

Since: Jan 08

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#14
May 6, 2008
 
Dadjal itu kristen mereka itu setan berbulu malaikat
tumpang jalan

Singapore

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#15
May 6, 2008
 
Terima Kasih hawariyun dari Malaysia,
very informative ...
good work!
riot mouse

Jakarta, Indonesia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#17
May 6, 2008
 
beast666 wrote:
Dadjal itu kristen mereka itu setan berbulu malaikat
ha ha ha
kamu khan binatang , bicaralah pake bahasa binatang,!!!

gua sedih juga kalo otak binatang mu itu cuman pikir tentang islam,kristen,yahudi,hindu dll!!,. jatah mu khan udah ada,!!!..

yakni menghasut binatang2 yg tak tau agama menjadi anak buahmu!!!

ada2 saja kamu !!!

dasar!!! ck ... ck .,... ck...!!!!!

binatang... binatang!!!
Hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#18
May 6, 2008
 
tumpang jalan wrote:
Terima Kasih hawariyun dari Malaysia,
very informative ...
good work!
Sama-sama. Semoga saudara se Islam semakin bertambah kekuatan keimanannhya dalam menghadapi serangan Dakyah Yahudi dan Kristian yang tidak putus-putus berusaha menyesatkan umat Islam.

Setinggi-tinggi juga terima kasih kepada Drs. H. Hasbullah Bakry yang begitu gigih berjuang menegakkan syiar Allah daripada serangan dakyah Kristian. Kegigihannya membuat kajian terhadap Bible semoga diberkati Allah. Amin
Hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#19
May 6, 2008
 
AKAN DATANG....
PERBANDINGAN AJARAN-AJARAN PAULUS DENGAN AJARAN-AJARAN JESUS (NABI ISA A.S.) DAN AJARAN MOSES (NABI MUSA A.S.)
hawariyun

Malaysia

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#20
May 7, 2008
 

Judged:

1

1

1

Buat masa ini jika kita bandingkan tuhan Kristian dengan tuhan Islam daripada kebolehan komunikasi kita dapati

Tuhan Allah boleh berkomunikasi dalam semua bahasa.

Tuhan Kristian hanya boleh berkomunikasi dalam bahasa Ibrani.

Yang peliknya Tuhan Kristian langsung tidak boleh berkomunikasi dalam bahasa Yunani tetapi Al Kitab Suci Kristian yang Asli ditulis dalam bahasa Yunani.

Wah, Tuhan Kritian ada jurubahasa.
tumpang jalan

Singapore

|
Report Abuse
|
Judge it!
|
#21
May 7, 2008
 
AntiChrist wrote:
paus gereja roma adalah pengikut dajjal.... dialah pemegang salib bengkok itu... salib terbalik yang benar...
aku ada terbaca satu artikle tentang salib orang kristian.

1. salib biasa - tidak ada patung jesus
2. salib yg ada patung jesus
3. salin bengkok, yg di pegang oleh pope di vatican
4. salib terbalik ... entah mengapa? mungkin salah gantung ..??

cuma nak tau..boleh terangkan sikit..untok informasi forumer semua?

terima Kasih

Tell me when this thread is updated: (Registration is not required)

Add to my Tracker Send me an email

First Prev
of 26
Next Last

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Malaysia Discussions

Title Updated Last By Comments
Islam Pribumi BANGSAT! Kenapa benci Cina/Kriste... (May '13) 12 min GOLKAR BINATANG 317
alasan thailand, malaysia n singapura lebih sukses 14 min Insan3 6
MALAYSlA = NOBEL PRIZE, INDONESlA = POWER RANGER 15 min breeze 331
Australia: MH370 may have turned south sooner 15 min The ADELAIDEAN 15
Cara membuat tumis KEPALA ZIONIS, berikut ini r... 19 min fankui cibai 23
(HOAX) Malaysian penerima NOBEL PRIZE?? impossi... 20 min breeze 55
APA UNTUNG NYA MEMELIHARA CHINA.?? ( yg gak sek... (Oct '13) 20 min fankui cibai 463
Lamborghini Huracan LP 610-4 launched in Malays... 37 min malontol 425
SRIWIJAYA asal dari Thailand. (Dec '10) 2 hr peminat sejarah 25,135
DEBAT ISLAM VS KRISTEN. Fakta: ISLAM GAK AKAN M... (Jun '13) 3 hr Noname 72,019
AKU GAY mau isap KONTOL/KOTE (Mar '10) 10 hr leo 9,328
•••
Enter and win $5000
•••

Malaysia People Search

Addresses and phone numbers for FREE

•••