Antara Lady GaGa & Dangdut; Mana Lebi...

Antara Lady GaGa & Dangdut; Mana Lebih Korup?

There are 8 comments on the www.foxnews.com story from Jun 1, 2012, titled Antara Lady GaGa & Dangdut; Mana Lebih Korup?. In it, www.foxnews.com reports that:

Indonesia: Titin Karisma parades onto the stage wearing a rhinestone bustier and matching bottoms, with sequin fringe that jiggles wildly to the rhythm of the beating drums.

Join the discussion below, or Read more at www.foxnews.com.

Indon Guna Sukhoi

Malaysia

#1 Jun 1, 2012
Dangdut lah sebab dangdut asalnya dari Indonesia. Musik dangdut membawa aliran dari India.

India dan Indonesia kan negara2 korup. Benar gan...
Msia Low Class

United States

#3 Jun 1, 2012
Prof Andrew Weintraub: Dangdut Bukan dari India!

http://jogja.antaranews.com/berita/299828/mus...

http://oase.kompas.com/read/2012/04/30/200255...

SURABAYA, KOMPAS.com --Peneliti musik dangdut dari University of Pittsburg, Amerika Serikat, Prof Andrew Weintraub BA MA PhD, menegaskan bahwa dangdut merupakan musik asli dari Indonesia, bukan dari Malaysia atau India.

"Ada yang bilang dangdut itu dari Malaysia karena ada unsur Melayu, atau ada juga yang bilang dari India karena ada unsur India-nya, tapi saya sudah meneliti sejak 1984 dan ternyata sifat dangdut itu khas Indonesia," katanya di Surabaya, Senin.

Ia mengemukakan hal itu dalam peluncuran bukunya bertajuk "Dangdut; Musik, Identitas dan Budaya Indonesia" di Aula Fisip Unair Surabaya yang juga menampilkan Rachmah Ida M Comms PhD (pakar komunikasi Unair) dan Sholehuddin SH MH (PAMMI).

Profesor yang beristrikan orang India itu mengaku lagu dangdut berjudul "Termenung" memiliki kesamaan dengan musik dari sebuah film India yang diproduksi pada tahun 1957, tapi lirik lagunya sangat khas Indonesia, meski ada unsur India-nya.

"Jadi, dangdut itu memang asli Indonesia, karena ada sifat khas Indonesia yang tidak ditemukan dari musik Melayu dan India, di antaranya tema lagu yang dekat dengan kehidupan orang Indonesia," paparnya.

Selain itu, kata profesor yang suka angklung, gamelan, dan wayang itu, dangdut itu tidak sama dengan Melayu, karena Melayu di Indonesia ada di dataran Sumatera, tapi dangdut justru bermula dari Jawa.

"Karena itu, penelitian saya menyimpulkan dangdut itu musik asli Indonesia yang dibuat orang Indonesia untuk orang Indonesia, bukan musik India, Malaysia, Amerika, atau yang lain," ucapnya, menegaskan.

Bahkan, katanya, dangdut yang bermula dari Jawa itu sekarang sudah menasional, sehingga ada Dangdut Minang, Danggut Banjar, Dangdut Koplo, Dangdut Remix, dan sebagainya hingga ke Maluku dan Papua. "Di Papua ada orkes dangdut," tukasnya.

Sejak menasional pada tahun 1990-an, katanya, dangdut bukan lagi menjadi musik rakyat yang marginal, tapi juga sudah disukai di kalangan elit. "Sekarang ada kafe dangdut, seperti Rasa Sayang, King, Planet," tuturnya.

Senada dengan itu, pakar komunikasi Unair Rachmah Ida M Comms PhD menyatakan berawal dari kata "dang" dan "dut" yang merupakan bunyi dari gendang sebagai alat musik khas dalam irama dangdut.

"Awalnya, dangdut nggak diramaikan, tapi ketika dangdut sekarang sudah ’besar’ mulai ada yang mengakui, seperti Malaysia dan India. Mungkin ada kemiripan, tapi dangdut itu bukan Melayu, melainkan dari Jawa," katanya.

Selain itu, dangdut sempat dipolemikkan dalam dikhotomi "kampungan" dan "gedongan", tapi dangdut sekarang sudah disukai semua kalangan. "Tahun 2004 ada Salam Dangdut MTV," tukasnya.
Cina Medan

Malaysia

#4 Jun 1, 2012
Jawa yg korup
Indon Menipu Sejarah

Malaysia

#5 Jun 1, 2012
Dangdut dari India, ternyata!

Dangdut diilhami dari nama musik gendang India bernama Tabelar, sejenis drum dari India Utara yang banyak diperagakan dalam ilustrasi film dan bisa berbunyi dut.” Edward C. van Ness

Tebar pesona dangdut semakin menarik untuk diulas. Sebenarnya, dangdut itu musik apa dan berasal dari mana? Menurut Edward C. van Ness, dosen Akademi Musik Indonesia (AMI) asal Amerika Serikat, musik dangdut merupakan musik hasil perpaduan antara musik Melayu dengan musik klasik India. Dangdut diilhami dari nama musik gendang India bernama Tabelar, sejenis drum dari India Utara yang banyak diperagakan dalam ilustrasi film dan bisa berbunyi ‘dut’. Budaya dari negeri India memang banyak yang ikut menyulam pengaruh ke dalam budaya Indonesia.

Sejak abad ke-13, musik klasik India terdiri dari dua gaya: Hindustani dari India Utara dan Karnatik dari India Selatan. Kedua gaya klasik itu pada mulanya bersumber dari dokumen-dokumen mengenai teori musik dari 5 kitab: Silappadiggaram (abad ke-2), Natta Natyas Sastra (abad ke-5), Brhaddesi (abad ke-5), Sangitaratnakara (tahun 1210-1247), dan Caturdandi Prakasika (tahun 1620).

Pada awalnya, yang mendasari musik klasik India adalah empat tradisi kitab Veda:(1) Reg Veda, dengan tiga nada.(2) Yayur Veda, lima nada.(3) Sama Veda, tujuh nada, dan (4) Atharva Veda. Berdasarkan kitab-kitab inilah lahirlah apa yang dinamakan dengan Musik Vedik yang merupakan background sejarah musik klasik yang telah ada di India semenjak tahun 1500 Sebelum Masehi.

Dari turunan dari biangnya musik India itulah kemudian muncul musik gendang Tabelar, yang merupakan kepanjangan tangang India dalam menebar pengaruh di Indonesia, kali ini dalam ranah musik. Akulturasi dan kolaborasi musik India dengan musik Melayu melahirkan sebuah aliran musik baru, yaitu dangdut.

Dalam perkembangannya, dangdut tidak hanya berumpun Melayu saja, adat-budaya suku lain di Indonesia pun ikut mewarnai corak musik dangdut. Sebut saja campur sari ala Jawa, atau dangdut Parahiyangan versi Sunda, atau dangdut poco-poco asal Ambon, dan lainnya.
Indon Menipu Sejarah

Malaysia

#6 Jun 1, 2012
Gaga tidak mencuri budaya pop tapi Indon mencuri 'dangdut' dari India.
Malaysia malu dangdut

United States

#7 Jun 1, 2012
Indon Menipu Sejarah wrote:
Gaga tidak mencuri budaya pop tapi Indon mencuri 'dangdut' dari India.
padahal setiap group musik dangdut pasti ada akronim OM/ORKES MELAYU.
Cnth OM kalingga,OM La tanza.
Jadi dangdut tak maling malahan mengakui itu dasarnya adalah musik dari melayu.oke oke
Fakta Keras

Malaysia

#8 Jun 1, 2012
Dangdut jiplak muzik Melayu
MALAYSIA anjing Lucifer

Surabaya, Indonesia

#9 Jun 1, 2012
MALAYSIA kerjanya hanya menjiplak budaya dari INDONESIA

Tell me when this thread is updated:

Subscribe Now Add to my Tracker

Add your comments below

Characters left: 4000

Please note by submitting this form you acknowledge that you have read the Terms of Service and the comment you are posting is in compliance with such terms. Be polite. Inappropriate posts may be removed by the moderator. Send us your feedback.

Entertainment Discussions

Title Updated Last By Comments
News Judge Judy's $47million salary is NOT too much,... 42 min missy 2
News Thousands Protest Roe V. Wade Decision (Jan '08) 2 hr Build the wall 336,518
News 'Roseanne' Star Recalls Fight to Air Controvers... 4 hr GodSmacked 102
News Filmed in St. Francisville, Hallmark's 'Home by... 5 hr SwampIrish 6
News Transgender Rights Lead NPR's Top LGBTQ Stories... 6 hr Jello Pudding 4
News Pelosi stages 8-hour speech to push for vote fo... 6 hr Jello Pudding 22
News Bill Cosby defense witness stumbles in explaini... 6 hr Jello Pudding 2